KUPAS TUNTAS PRODUK TERBARU KAWAZAKI

May 18, 2009 at 3:29 pm 13 comments

Kali ini saya akan mengulas lebih detail lagi mengenai seluk beluk KLX 150 dan D-Tracker X 250 yang baru diluncurkan Sabtu lalu. Saya sebenarnya sudah pernah mengulas hal tersebut sebelumnya (lihat: “KLX 150, WAH MAKIN BANYAK PILIHAN” dan “D-TRACKER X JAGOAN TERBARU KAWAZAKI” ) namun info yang saya tulis saat itu masih minim. Kali ini mari kita membahasnya lebih tuntas.

107474Lama tak terdengar beritanya, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya merilis sepeda motor KLX 150 dan D-Tracker X 250 yang bermain di segmen sepeda motor trail. Segmen yang selama ini kurang mendapat perhatian dari ATPM lain.

Kawasaki KLX 150 merupakan adik dari KLX 250 yang telah dikeluarkan bersamaan dengan hadirnya Ninja 250. Sayangnya nasib KLX 250 tidak seberuntung Ninja 250 yang laris manis di pasaran.

KLX 150 diciptakan sesuai karakter jalanan Indonesia yang juga mempunyai dua fungsi yaitu alat transportasi dan berpetualang off-road. Sepeda motor ini juga ditujukan untuk medan yang sulit seperti di Kalimantan atau Sumatera. Maklum, Masyarakat yang berada didaerah yang mempunyai medan sulit biasanya membeli sepeda motor bebek yang berkapasitas besar kemudian dimodifikasi untuk menjadi motor trail.

klx-dalamKLX 150 S mengusung mesin 144cc satu silinder empat langkah SOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 8,60 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 12 Nm pada 6.500 rpm. KMI mengklaim sepeda motor ini mengkonsumsi bahan bakar 36,79 km per liternya.

Ketika pertama kali mesin KLX 150 S mulai dinyalakan, suara mesin terdengar sangat lembut. Namun hal itu segera saja berubah ketika kita mulai menggebernya, sebab mesin 4 langkah SOHC dengan 2 katup ini ternyata sangat responsive dan bertenaga.

Sepeda motor yang mengusung tagline The Art of Adventure ini memiliki tipe frame/sasis baja perimeter dengen desain diamond yang mempunyai kekuatan tinggi dan daya tahan lama (high tensile steel) sehingga didapat kestabilan sepeda motor di segala medan. Dengan berbekal suspensi depan teskopik 33 mm dan suspensi belakang monoshock Uni Trak motor ini terasa sangat nyaman dan mantap untuk menggilas semua medan.

Sepeda motor berdimensi 1.975x760x1.080 mm ini sudah berstandar Euro 2 dan didukung dengan teknologi KSAI (Kawasaki Air Injection System). Fitur fitur yang dimiliki KLX 150 S antara lain double disc brake, new unitrack single shock, mufflar racing sport, warning light, lampu, dan tas multifungsi untuk semua keperluan berkendara.

KLX 150 dibanderol sangat mengiurkan yakni hanya Rp 21,7 juta. Murah Bukan?? Murahnya harga KLX 150 dikarenakan motor ini ternyata memiliki persentase kandungan lokal yang cukup tinggi yakni 70%. Namun meski kandungan lokalnya tinggi jangan remehkan kualitas motor ini Karena Kawazaki menggunakan standar internasional ketika memproduksi setiap komponen.

dtraker-dalamKMI juga memperkuat ‘kerajaan’ sepeda motor trailnya dengan menghadirkan D-Tracker X 250 yang memiliki tampang seperti sepeda motor trail namun sangat kokoh dipacu di jalanan aspal karena menggunakan profil ban yang berbeda, bukan ban pacul seperti KLX 150. Ukuran ban yang dipakai pada D-Tracker X 250 ini lebih tebal 0,55 mm dan bertelapak lebih halus all terrain, berkarakter untuk melintasi dua jenis jalan yang berbeda, menapak permukaan aspal dan menggaruk jalan off road.

Sepeda motor yang pernah ditampilkan di ajang Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2008 ini dibuat untuk kalangan pecandu supermoto. Hadirnya D-Tracker X 250 diharapkan dapat menjawab keinginan konsumen yang menginginkan sebuah supermoto yang tangguh di jalan raya. Sepeda motor yang berasal dari DNA Kawasaki KLX 250 ini mengusung mesin 249 cc DOHC empat tak satu silinder, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 24 hp pada 9.000 rpm dan torsi maksimum 21 Nm pada putaran 7.000 rpm.

D-Tracker X 250 dibandrol Rp 60 juta on the road Jakarta.

Lalu bagaimana kira kira nasib KLX 250? Kalau dicermati, memang ada sedikit keganjalan dalam acara launching KLX 150 dimana hampir seluruh motor Kawasaki dipamerkan di acara tersebut, kecuali KLX 250. Saudara kembar dari D-Tracker X ini sama sekali tidak dikelihatan. Kemana perginya yah …….. Padahal baik saudara kembarnya, D-Tracker X, maupun produk Kawasaki lain seperti Ninja 250 R dan Athlete pun ikut nimbrung dalam peluncuran KLX 150 ini. Bahkan atribut yang dipakai oleh pihak panitia, nama KLX 250 sudah tidak ada lagi. Apakah ini tanda bahwa D-Tracker X akan mengusur KLX 250?

Segmen sepeda motor trail di Indonesia sendiri masih berada di bawah 5% dari total penjualan sepeda motor. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepeda motor trail sempat menorehkan angka penjualan 3.300 unit di 2005. Bahkan di 2006 dan 2007 tidak ada penjualan sepeda motor trail.

Di 2008, sepeda motor trail sempat terjual sekitar 4.000-an unit. Kenaikan ini juga dikarenakan kehadiran Kawasaki KLX 250 yang diluncurkan KMI di pertengahan tahun lalu.

Dengan kehadiran KLX 150 S ini otomatis Kawasaki akan bermain sendirian mengambil celah di segmen sepeda motor trail ini. Tiga penguasa kuda besi di Indonesia Honda, Suzuki, dan Yamaha masih enggan serius bermain di segmen sepeda motor kotor ini.

PT Minerva Motor Indonesia (MMI) yang juga baru meluncurkan Minerva Sachs 250 juga baru meraba ceruk di segmen sepeda motor trail lewat Minerva Sachs 250 versi super moto.

Mampukah segmen ini berkembang seperti halnya Skutik, hanya waktu yang akan menjawab

About these ads

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , .

SERBA SERBI MOTOGP KONSUMEN VS LEASING

13 Comments Add your own

  • 1. arie slight  |  May 18, 2009 at 5:55 pm

    Tiga penguasa kuda besi di Indonesia Honda, Suzuki, dan Yamaha masih enggan serius bermain di segmen sepeda motor kotor ini.

    Pertanda masih minimnya persaingan

  • 2. adicuzzy  |  May 18, 2009 at 9:46 pm

    Mupeng neh liat KLX150..
    Kuerennn tenann..!

  • 3. liLyPud_msh.kcil  |  May 19, 2009 at 12:23 am

    .inceran para modifikator. . .huekekeke
    http://lilypudlucu.wordpress.com/

  • 4. anton_ks  |  May 19, 2009 at 2:07 am

    ditunggu supermoto seharga KLX150

  • 5. Uddin  |  May 19, 2009 at 4:14 am

    Yg klx 150 sf pagimana bro ?

  • 6. SkywaveR  |  May 19, 2009 at 4:53 am

    Lebih seneng motor sport.
    lebih pantes buat boncengin pacar. ;-)

  • 7. tores  |  May 19, 2009 at 8:59 am

    Ya cuma bisa ngiler!

  • 8. anton_ks  |  May 20, 2009 at 4:18 am

    @uddin
    KLX 150 sf ? … yg spt apa ya? ada linknya nggak?

  • 9. CS1 (Caleg Stress 1)  |  May 20, 2009 at 4:44 am

    CCP
    Cuma Copy Paste

  • 10. CS1 (Caleg Stress 1)  |  May 20, 2009 at 4:44 am

    Artikel CCP
    Cuma Copy Paste

  • 11. Dimas Anwar  |  June 24, 2009 at 4:13 pm

    Very beautifull…
    Harganya juga mantab..

  • 12. Tyan gundul  |  October 29, 2009 at 2:40 am

    Bos kawasaki…..
    Gak lucu spionnya klx 150 ke’ spion piaggio!!!!
    pasang spion klx 250 aja?
    Keren tw,,,, trus klx 150 sf brapa harga tw?? Gak jauh beds kn sama klx s???

  • 13. ipeks portal™ (@ipeks_portal)  |  March 27, 2012 at 12:29 pm

    .mantap punya…punya klx 150s..pengen ganti aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Recent Posts

Top Clicks

  • None

Pages


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: