GAMBARAN PERANG ANTAR ATPM SAMPAI JULI 2009

September 27, 2009 at 3:08 am 32 comments

Untitled-1Tulisan dibawah semestinya saya akan posting pada pertengahan bulan Agustus. Namun, karena kesibukan saya dikantor akhirnya tulisan ini terlantarkan. Padahal, tulisan ini saya rasa akan sangat berguna untuk menganalisa peta pesaingan bisnis sepeda motor di Indonesia. Makanya, sebelum saya minta maaf kalau data yang saya sajikan adalah data perjualan pertype pada bulan Juli 2009 karena data terbaru belum saya dapat.

Sampai Bulan Agustus 2009, Honda dan Yamaha saling kejar mengejar. Petarungan menuju posisi puncak untuk sementara diraih oleh Honda dengan penjualan sebanyak 1.698.558 unit (45.74%) selisih sedikit dibandingkan Yamaha dengan penjualan sebanyak 1.683.778 unit (45.34%). Posisi berikutnya masih dipegang oleh Suzuki dengan penjualan sebanyak 293.440 unit (7.9%) disusul Kawazaki dengan 37.021 unit.

Sisa empat bulan kedepan merupakan waktu yang penting bagi Honda dan Yamaha dalam adu strategi menuju siapa yang terbaik untuk Tahun 2009 ini. Sebelum membahas strategi apa yang akan dilakukan oleh kedua pabrikan tersebut ada baiknya kita melihat kekuatan sementara pasukan mereka selama tujuh bulan pertama (sekali lagi maaf datanya masih sampai bulan Juli).

Untuk motor low price, Honda masih merajai pasar lewat produk andalannya yakni Absolute Revo. Entah karena kualitasnya yang bagus atau harganya yang sangat terjangkau, Penjualan Honda Absolute Revo hingga bulan Juli 2009 telah mencapai 455.400 unit jauh meninggalkan penjualan motor andalan Yamaha yakni Vega ZR yang hanya mencapai 291.506 unit. Padahal dari segi kapasitas mesin Vega ZR telah diatas Absolute Revo yakmi 115cc. Sementara, Suzuki Smash harus puas diposisi ketiga dengan penjualan sebanyak 43.978 unit.

Dominasi Honda juga terlihat pada pasar bebek kelas 110 CC keatas. Dikelas ini, Honda mengandalkan Supra X 125. Total penjualan Supra X 125 hingga Juli 2009 sudah mencapai 324.905 unit. Dengan menggunakan Valentino Rossi sebagai icon Jupiter MX, Yamaha masih kewalahan menahan laju Supra X 125. Total penjualan Jupiter MX selama tujuh bulan pertama tahun 2009 hanya mencapai 120.474 unit. Sementara, Suzuki Shogun 125 harus puas diposisi ketiga dengan penjualan sebanyak 38.138 unit.

Untung Yamaha masih mempunyai Jupiter Z untuk meredam dominasi Honda. Dengan mengandalkan desain lampu depan yang aduhai (starring Eyes), Jupiter Z sedikit banyak mampu merepotkan pasukan Honda. Ini terlihat dari penjualan Jupiter Z selama tujuh bulan pertama tahun 2009 ini telah mencapai 227.261 unit jauh meninggalkan andalan terbaru Honda Yakni Blade yang hanya mampu terjual sebanyak 86.148 unit. Hasil ini tentunya kurang memuas mengingat Honda Blade diharapkan mampu mengambil market Jupiter Z selama ini.

Primadona skutik masih dipegang oleh Yamaha MIO yang menguasai hampir 58% pangsa pasar skutik dengan penjualan sebanyak 693.534 unit sampai bulan Juli 2009. Honda dengan pasukan Vario dan Beat hanya mampu mencatat penjualan sebanyak 406.600 unit. Suzuki tidak mau kalah bertarung disegmen skutik ini, buktinya mereka telah mencatat penjualan diatas 100,000 unit disegmen ini. Suzuki spin sebanyak 79.027 unit dan Suzuki Skywave sebanyak 21,280 unit. Masih ada Suzuki Skydrive yang sampai saat ini saya belum dapatkan angka pastinya. Namun motor yang baru saja diluncurkan ini saya perkirakan penjualan telah menyamai angka penjualan Skywave.

Suzuki harus berbangga mempunyai Satria F 150 yang memimpin pasar disegmen bebek sport. Satria F 150 dengan mudah melibas lawan lawannya disegmen ini. Penjualan Satria hingga Juli 2009 mencapai 46.823 unit, Honda CS-1 sebanyak 9.297 unit dan Kawazaki Athlete sebanyak 6.880 unit.

Tahun ini Yamaha juga berhasil merajai segmen motor sport dengan mengandalkan Vixion dan Scorpio yang mencatat penjualan sebanyak 115.458 unit, dimana penjualan Vixion mencapai 103.555 unit dan Scorpio 11.903 unit. Honda Yang mengandalkan Tiger dan Mega Pro mencatat penjualan sebanyak 109.890 unit, dimana penjualan Mega Pro mencapai 79.631 unit dan Honda Tiger mencapai 30.259 unit. Suzuki yang hanya mengandalkan Thunder penjualannya cenderung menurun dari tahun ke tahun. Penjualan Suzuki Thunder hingga Juli 2009 hanya mencapai 15.680 unit.

Demikian gambaran sekilas mengenai perang antar ATPM hingga bulan Juli 2009. Ditulisan berikutnya saya akan menulis strategi apa yang telah dan akan dilakukan oleh masing masing ATPM dalam usahanya meraih market share sebanyak mungkin….

About these ads

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

TERIMA KASIH ATPM UNTUK MUDIK BARENGNYA

32 Comments Add your own

  • 1. Alexandre™  |  September 27, 2009 at 4:17 am

    PertamaX?
    Kira lihat saja persaingan yg kian sengit..

  • 2. PengAMAT  |  September 27, 2009 at 5:02 am

    Awas strategi YMKI krn akan menelorkan produk baru di penghujung tahun yaitu Bison & Jupiter new series + kemungkinan mio new series juga..Ini akan memperbesar SELLING OUT YMKI guna menelikung AHM periode tahun 2009 ini… Kita lihat hasil finishnya aja…

  • 3. caspro  |  September 27, 2009 at 6:10 am

    Data yg lengkap..tp akan lebih cepat dibaca dan dimengerti jika berupa matrix..

  • 4. nick69  |  September 27, 2009 at 6:48 am

    Pangeran dr ketucky lg2 gagal podium

    4 bulan kritis nich
    Scr ahm n ymki beti beti gitu lho..

  • 5. Deen  |  September 27, 2009 at 8:59 am

    Aduh telat mbak! Mestinya dikupas strategi 2 samurai ini untuk memenangkan pertempuran di 4 lap ke depan… Misalnya strategi AHM ngeroyok Mio dengan tiga balatentara maticnya efektifkah? Lalu apa saja jurus berkelit YMKI… Mengapa YMKI terkesan memilih jurus bertahan di 2009 ini. Tema-tema itu pasti seru dech!

  • 6. 'keren  |  September 27, 2009 at 11:55 am

    Articke yang bagus. Ditunggu analisa selanjutnya
    Jangan lama yah mbak soalnya biasanya mbak khan sibuk

  • 7. caspro  |  September 27, 2009 at 12:15 pm

    Data yg bagus mbak.. Tp lebih gampang dilihat kalo berupa matrix sptnya…

  • 8. sheila090782  |  September 27, 2009 at 3:09 pm

    @Deen
    Justru pembahasan saya akan sampai ketahap yang anda maksud dan supaya lebih tajam analisanya saya lampirkan data historinya terlebih dahulu. ditunggu aja tulisannya, thanks

    @Caspro
    Mudah mudahan ditulisan berikutnya akan saya munculkan. terima kasih atas masukannya

  • 9. SkyrideR  |  September 27, 2009 at 3:42 pm

    Dg membaca ini. smoga ATPM makin kritis dan ngeluarin telur baru.
    gw penasaran. ada absolute revo, apakah besok ada yg ngeluarin absolut win.?

  • 10. adesum  |  September 27, 2009 at 4:37 pm

    Tulisan yg mnarik mbak sheila dan layak untuk ditnggu prtmpuran 2 ATPM bsr disisa 4 bln ini. Pnasaran dg perang motor sport nya…

  • 11. dhimas  |  October 1, 2009 at 3:09 pm

    Honda semakin keyamaha-yamahaan, yamaha semakin kehonda-hondaan.
    honda sekarang terus berinovasi dgn produk2 yg fresh, yamaha tetep pede dgn cuma gonta-ganti stripping.

  • 12. beng2 lg  |  October 2, 2009 at 6:51 am

    semakin gencar na peperangan atpm,maka konsumen yg untung……:)

  • [...] saja terjadi  di lintas balap seperti MotoGP, tapi hal ini juga terlihat jelas dari data-data penjualan pabrikan antara Yamaha (PT YMKI) dan Honda (PT [...]

  • 14. fraziel  |  October 5, 2009 at 11:53 pm

    Nice article..
    Ternyata Jupiter Z masih lumayan moncer juga :D

  • 15. anak motor  |  October 7, 2009 at 7:11 am

    gue abis liat di situs Yamaha
    di sini http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=131
    katanya bakalan keluar motor baru…!!
    kira2 apa ya??apa byson atw new jupie ya…
    jdi penasaran, tunda bli motor dulu ah

  • 16. dpouwel  |  October 10, 2009 at 6:49 am

    pengelola yamaholigan ngomong katanya yamaha bakal nelorin motor baru dalam wkt dekat, tapi masih top secret katanya :)

  • 17. deen  |  October 19, 2009 at 1:56 pm

    Aduh nih yang punya warung keluyuran mulu…. ampe gak keurus warungnya !!!! Ditunggu bocoran produk-produk baru di akhir tahun 2009 atau di awal tahun 2010 nya nih!

  • 18. fraziel  |  October 23, 2009 at 12:12 am

    Sepertinya mbak sheila sedang sibuk :D

  • 19. PetroMAKS  |  October 31, 2009 at 8:28 am

    Mbak Sheila…ditunggu data lap ke : 10 nehhhh… klo bisa lengklap per item…jadi kita bisa liat SkyDrive vs Soul Vs Vario CBS..

  • 20. bachex  |  November 14, 2009 at 6:07 am

    Ini baca diotomotif, para pembeli vega ZR pd kecewa motor yg dibelinya gak sesuai yg diiklanin ditv. makanya gak pd mau bayar cicilannya lagi.

    http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews/Content/0/0/1/7/7546

    makanya yamaha jgn ngibulin konsumen terus dong!!
    Apa gak kasian apa lihat konsumen yg udah beli dgn hasil peras keringat banting tulang!!

  • 21. imyut  |  November 15, 2009 at 10:27 am

    yg punya warunk ngumpet dimana ya?

  • 22. SkyrideR  |  December 3, 2009 at 5:53 pm

    hallo.. any body at home?

  • 23. DUNIA OTOMOTIF « dunia otomotif  |  December 5, 2009 at 12:43 pm

    [...] GAMBARAN PERANG ANTAR ATPM SAMPAI JULI 2009 [...]

  • 24. Roni  |  December 13, 2009 at 2:52 am

    Wow. Tidak menyangka bahwa persaingan begitu sengitnya d dunia motor. Selain itu, icon Valentino ROssi yang digunakan oleh Yamaha ternyata tidak serta merta mengangkat popularitas Yamaha mengalahkan Honda. Selamat buat Honda!
    *info mobil bekas

  • Tentang perang atpm

    Suzuki Titan Launching tanggal 25 Mei 2010

    http://merconmotor.blogspot.com/2010/05/cuma-berita-perang-atpm-untuk-motor.html

  • [...] GAMBARAN PERANG ANTAR ATPM SAMPAI JULI 2009 Posted on Juli 17, 2010 by sangoxers [...]

  • 27. reborn  |  July 21, 2010 at 10:32 am

    mbak sheila kok gak pernah bikin artikel lagi ? apa lagi repot mengurus kehamilan ?

  • 28. bobby_kelanarimba  |  September 17, 2010 at 11:01 am

    Persaingan semakin sengitnya d dunia motor.
    Diman icon Valentino ROssi yang digunakan oleh Yamaha
    akhirnya juga akan hengkang dari Garpu Tala…..
    Apa bisa gak seh……..
    Komeng ndiri yang mengangkat popularitas Yamaha ???
    Selamat buat Honda yang ‘One Heart Forever’

  • 29. honda lover  |  October 11, 2010 at 8:46 am

    maju terus honda..
    wah diliput dong perjalanan New megapro ke bromo..mantap bgt lho..
    terus liputan byson kok ga ada ya?apa ga seru kali ya..?..

    Wah sy udah ga sabar nunggu New Megaproku belum datang nih..he3..
    salam.n terus nulis mbak..

    Salam One Heart -Honda the best

  • 30. Rafflesia  |  November 25, 2010 at 7:14 am

    ATPM yang pintar dan tahu kapan harus menelurkan produk barunya akan memenangkan market share, dan ATPM yang selalu peduli akan konsumennya akan selalu mendapat tempat di hati konsumennya.

  • 31. ludruk  |  October 3, 2011 at 6:33 pm

    dead space

  • 32. jasa desain company profile  |  January 2, 2014 at 4:55 am

    Ada tulisan seperti ini untuk tahun 2014 nggak ya? manteb nih kalau ada ulasannya lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

September 2009
M T W T F S S
« Aug    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Recent Posts

Top Clicks

  • None

Pages


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: