SKYDRIVE, AWAL KEBANGKITAN SUZUKI?

March 30, 2009 at 4:26 pm 22 comments

Pasar motor tanpa gigi alias skutik terus berkembang dari tahun ke tahun, Padahal waktu Yamaha Mio pertama kali diluncurkan banyak orang yang berpendapat “sinis” mengenai motor skutik. Kini, semuanya telah berubah. Skutik telah menjadi idola bahkan menjadi trend “gaul” dikalangan anak muda. Hal itulah yang menyebabkan Suzuki lagi-lagi mengeluarkan varian skutik terbaru “Suzuki Skydrive Dynamatic”, setelah sebelumnya terdapat Spin dan Skywave.

foto-1 Skydrive Dynamatic mengusung mesin 125cc dengan 4-langkah SOHC yang mampu menghasilkan torsi maksimum 9,9 Nm/6500 rpm.

Skutik berdimensi 1.900 mm x 1.050 mm x 655 mm ini terlihat futuristik dengan lekuk bodi yang meruncing.

foto-3Dari tampak depan Skydrive Dynamatic kelihatan lebih mewah dengan adanya dua lampu senja, dua lampu besar, dan lampu sein yang menyatu di tudung depan serta desain lampu sein belakang yang sporty terintegrasi dengan lampu rem.

Fitur-fitur lainnya yang dimiliki oleh Skydrive Dynamatic adalah dek pijakan yang lebih lapang, serta posisi pijakan kaki bagi pembonceng yang mudah dilipat dan ergonomic dengan memperhatikan sudut tekuk kaki pembonceng sehingga menghadirkan kenyamanan bagi pengendara dan pembonceng

Pertanyaannya, apakah Kehadiran Skydrive Dynamatic ini dapat memacu penjualan Suzuki sekaligus awal kebangkitan Suzuki setelah pada dua bulan pertama tahun 2009 ini, penjualan mereka dapat dikatakan “sangat” anjlok. Mari kita bahas ?

Dari strategi “perang” saya melihat Skydrive adalah varian skutik teranyar dari Suzuki yang disetting berada di antara Spin yang lebih berorientasi ke kalangan muda khususnya kaum hawa dan Skywave yang lebih condong ke “segmen premium”.

Kalau Skydrive yang dihargai 13 jutaan kita komparasikan dengan harga kompetitor terlihat jelas bahwa skydrive berada ditengah tengah harga Mio Sporty – Mio Soul dan Beat – vario. Targetnya jelas, walaupun kelihatan termasuk skutik “premium” skydrive berusaha menganggu pasar yang telah dimiliki Mio sporty – Mio Soul dan Beat – Vario.

Masalahnya, apa kelebihan atau nilai tambah yang ditawarkan Skydrive dibandingkan kompetitornya? Kelebihannya hanya terletak di mesin 125 cc, tidak ada lagi kelebihan lain yang dapat dibanggakan (toh modelnya menurut gua belum terlalu istimewa). Wajar kalau saya agak “pesimis” Skydrive dapat menandingi skutik keluaran Yamaha dan Honda. Mio sebagai raja “skutik” di Indonesia masih sulit dikalahkan mengingat brand imagenya yang sudah sangat kuat. Apalagi kapasitas produksi untuk Mio saya dengar telah ditingkatkan sehingga praktis inden tidak ada lagi, cash ok aja … Beat dan Vario dengan jurus “mabuk”nya jelas jualan bisa banyak, lha wong tanpa DP (uang muka) aja teman gua bisa dapat motor saat Valentine, angsurannya ringan lagi.

Saran saya buat Suzuki, kehadiran Skydrive Dynamatic ini dapat memacu penjualan Suzuki sekaligus awal kebangkitan Suzuki apabila Manajemen Suzuki mau mengoreksi diri dari apa yang salah dengan strategi mereka dimasa yang lalu dan memulai membangun image yang telah luntur agar dikenan kembali. Caranya? Yah tanya donk di ahli marketing, yang jelas gua yakin jawabannya bukan masalah “Price” dan bertelor terus menerus.

Siapa yang berminat dengan Suzuki Skydrive ini? Atau anda masih setia menunggu kehadiran Honda Airblade atau The Next “Yamaha MIO” yang semakin asyik …….. Ini jawabannya

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , .

SAYONARA THE LEGEND KETIKA RAKSASA MULAI TERUSIK …..

22 Comments Add your own

  • 1. wyren  |  April 4, 2009 at 11:04 am

    Mio sebagai raja “skutik”
    ===================================================
    Mungkin lebih tepat ratu skutik.. Karena itu motor wanita, pasar wanita, dan yang naik juga wanita.😀

  • 2. anton_ks  |  April 8, 2009 at 3:20 am

    Beat dan Vario dengan jurus “mabuk”nya jelas jualan bisa banyak,
    ————-
    hehehe mbak … komentar ini sering gw denger dr temen (owner salah satu dealer honda) dulu saat program pns di thn 2007, yg sampe skr belum selesai jg ….. tanya kenapa?

  • 3. Keanu Revee  |  May 16, 2009 at 12:21 pm

    Gw dah pake ni my new skydrive… Sebelumnya dah pernah pake Tiger n Vixion..skrg gw pengen matik

    Gw dah survey kenapa gw pilih Suzuki Skydrive ?
    1. Gw dah tanya ma user Skutik laen yamaha Mio… Ni motor ko boros banget yach 1 lt buat 28 km.. Padahal cc lebih kecil dari skydrive… trus gw liat mio soul yach ktnya malah lebih Boross lagi… Kesimpulan Ni motor Boros minta ampun….walo untuk sekelas skutik. Krn Boros ni motor jdi mahal walaupun harga murah

    2 Gw survei honda, gw tanya Vario trus sampe nanya harga hampir 15 jt.. Wah kemahalen banget ni motor. Gw liat yang satunya Beat ni motor lumayan cuma kok kecil mungil dan joknya ko pendek banget yach…..

    3 Truz gw ke dealer suzuki… eh ada produk matic baru .. Suzuki Skydrive .. Wah fressh banget bentuknya..Lampu depan besar mantap.. N lampu belakang mirip Ninja 250 cc cmn lebih gede aj. G usah dimodif dah ok… trus harga terjangkau banget 13 jt an.. g mahal. Trus ni motor 125 cc, bisa kenceng donk. Gw dah pernah coba ni motor ke luar kota dan gw ukur 1 liter dapet 49 km wah gw kaget bgt… ternyata ni motor irit juga untuk kategori matik… n untuk dapet 100 kmj gmpang asal treknya panjang aj… gw puas ma Suzuki Skydrive….

  • 4. SkywaveR  |  May 16, 2009 at 11:49 pm

    @^
    Wah irit bgt donk.
    SW aku ko ng nyampe segitu ya.

  • 5. danudirja  |  June 29, 2009 at 8:58 am

    Aku ngambil sky drive aja deh, mio dah punya, vario juga pernah make… Kalo untuk suspensi n kesetabilan, sky drive jauh diatasnya matic yang dua diatas, apalagi tarikannya. Lebih hot bro…

  • 6. Edwin  |  September 2, 2009 at 9:03 am

    Skydrive itu irit waktu inreyen aja, tapi kalo uda sampe km 1600, perliter cuma dapet 35 kilo aja…
    gak percaya? tes aja ndiri….

  • 7. mario  |  October 5, 2009 at 12:54 pm

    Sky Drive…mantep banget dehhhh….buat manuverrr enak bangettt, gw dah pernah pake soul dan vario gak bisa nyaingin skydrive……pokoke sumpeh gak nyesel deh beli skydrive…….

  • 8. tia  |  October 16, 2009 at 10:59 am

    skydrive gitulooh gw jga suka ma suzuki skydrive karena modelnya ok bgt coy…. g nyesel bli skydrive cma badan w kcil cocok g yach kalau make skydrive?

  • 9. Valentino  |  October 16, 2009 at 2:46 pm

    Friend, saya baru aja ngambil MIO, menurut saya kalau ada yg bilang MIO boros itu wajar, karena beban mesin yg harus memutar belt jauh lebih besar di banding yg pakai rantai…… dan yg saya dengar dari montir, Ymh mencoba utk dibuat irit dng memakai membran?
    Saya juga sudah mencoba BEAT, memang mesin lebih halus, tetapi permasalahannya saya pilih skutik yg harga jualnya tinggi…. Sepintas MIO & BEAT mirip2….

  • 10. bartos  |  November 26, 2009 at 6:27 am

    klo masalah inreyen semua motor sama, awal emang irit kan belum terkikis….”belum kena gesek” makanya motor harus di rawat apapun jenisnya
    klo perlu mocin juga bisa, semua tergantung pengendaranya,mendingan anak bengkel dah bisa modif sendiri mau boros bisa mau irit bisa.

  • 11. SKYDRIVE, AWAL KEBANGKITAN SUZUKI? « Lajauisland's Blog  |  December 23, 2009 at 2:37 am

    […] Siapa yang berminat dengan Suzuki Skydrive ini? Atau anda masih setia menunggu kehadiran Honda Airblade atau The Next “Yamaha MIO” yang semakin asyik …….. Ini jawabannya. Sumber: https://sheilawinston.wordpress.com/2009/03/30/suzuki-mulai-beraksi/ […]

  • 12. nicho  |  March 23, 2010 at 11:03 am

    setelah seharian muter2 ke bengkel Yamaha-Honda…dan akhirnya menemukan yang passs….Suzuki Skydrive ngga ada tandingannya! Mantap Coy!, ngga nyesel deh….

  • 13. toby  |  June 7, 2010 at 12:52 pm

    gw jg baru beli suzuki SD neh.., dan.. gw rasa oke jg.., tarikannya gakmeragukan.., garang sh enggk.., cuma nyaman aja.., responsif bangt, bbm dibilng boros mio kali yg lbh bors.., gw suka jg tuh gkbnyak stripping, elegan banget.., gk kyk kebaykn matic yg sdh keluar duluan.., terlalu byak combain warna.., coba deh perhatiin dr dekt.., kualitas cat bodi motor terkesan wah.., gw beli yg hitam.., oke bagi temen2 gknyesel deh beli SD.., kl ada yg ngomongn harga jual…? gw gk ambl pusing.., gw beli buat gw pake.., bkn gw jual lg.., dan kalo nyaman ngapain gw pusingn jual lagi.., kl takut rugi jangan beli motor kali.., beli tanah aja.., jamin dh untung.., kecuali tanah sengketa…? thanks all.., maaf dh bicara bunyaaak…

  • 14. andi ags  |  June 19, 2010 at 7:22 am

    uda 4hr ni gw make! rasanya jauh klo di banding ma motor matic laenya,klo gak percaya coba aza di deler suzuki terdekat.. biar tau gmana tu racikan suzuki japan!!! MUANTAPSssssssuuuuki…..

  • 15. diding  |  August 10, 2010 at 4:18 am

    Denger2 klu di gas kenceng da suara ngoroknya ya, benergasih ?

  • 16. jurizega  |  August 10, 2010 at 7:32 pm

    gw baru beli kemarin badan gw besar jadi pas kalo ane bawa,awalnya ane lihat di carefour ciputat sekilas lihat dari belkang koq kaya ninja yah pas ane dekatin wah ini subek matic skydrive,pas ane lihat lihat niy skyd gw langsung jatuh cinta (love at first sight)langsung ane beli,gw senang ama body nya gemuk jadi cocok dgn badan gw gemuk,tes drive jam 11 malam mulai dari pom bensin ciputat ke fly over nanjak buat tes jajal,al hasil gileee bener tarikan nya mantap bener baru kali ini gw ngerasaain bawa scubek matic yang tarikan untuk nanjak mantap dan rem yang sangat pakem (apa karena injection yah kaga tau deh gw) so jadi buat yang mau beli jangan ragu deh ane udah nyobain semua subek matic cuma skydrive ini yang cocok buat di bawa juga nggak terlalu boros alias iriiiit pp ciputat salemba nggak seperti m*o ane dulu gile minumnya tekor ane .

  • 17. diding  |  August 12, 2010 at 7:14 am

    kata ny da suara ngorok klu di gas kenceng pa bener ya, bs di atasin ga tu suara ngoroknya….ane mau beli soalnya….tolong dong kasih infonya…;-)

  • 18. indrazazou  |  August 17, 2010 at 8:28 am

    kata ny da suara ngorok klu di gas kenceng pa bener ya, bs di atasin ga tu suara ngoroknya….ane mau beli soalnya….tolong dong kasih infonya…;-)

    biar suara ngoroknya agak hilang, pake pertamax aja bro… coz dibuku petunjuk skydrive juga dianjurkan untuk menggunakan bensin beroktan 91 ke atas…

  • 19. kevin  |  June 1, 2011 at 10:41 am

    ya awalnya sich emang irit make’ sky drive ehhh pas da lama koq jd boros bnget ya??
    gw cm bolak-balik kampus aja makan bbm bensin 2 liter/hari…
    padahal kalo di itung jarak tempunya plg2 cm 30 km..

  • 20. Okiowes  |  September 28, 2012 at 7:37 pm

    Motor yamaha yang mirip dengan v-ixion madep betul men….

  • 21. Dedie  |  April 15, 2015 at 8:19 pm

    Suzuki Skydrive enak untuk dikendarai pada saat kecepatan rendah, sedang, maupun kencang..Stabil dalam tikungan, enak buat menyalip, bensin irit, harga jual rendah (karena saya beli untuk dipakai, bukan untuk dijual kembali)..

  • 22. Dedie  |  April 15, 2015 at 8:22 pm

    @indrazazou yang namanya matic kalau dibawa ngebut pasti ada suara ngoroknya, itu bisa di setting pada setingan gas & rajin rajin bersihin karbu.

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

March 2009
M T W T F S S
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Clicks

  • None

Pages


