KETIKA RAKSASA MULAI TERUSIK …..

April 1, 2009 at 3:58 pm 1 comment

Dominasi Honda sebagai pemimpin pasar Sepeda Motor di Indonesia selama 30 tahun mulai terusik, Diam-diam pesaing Honda khususnya Yamaha dalam berapa tahun ini terus mengancam.

Tahun lalu Honda berhasil membukukan penjualan sebanyak 2,874,576 atau 46% dari total penjualan Sepeda Motor Nasional. Diurutan kedua adalah Yamaha dengan penjualan 40% dari total penjualan Sepeda Motor Nasional sebanyak 2,465,389 disusul Suzuki yang hanya berhasil menjual sebanyak 794,622 (13%).

Data diatas adalah penjualan Sepeda Motor Nasional sepanjang tahun 2008 berdasarkan data yang diliris oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang merupakan jumlah motor yang dikirim pabrikan ke dealer (wholesale).

polreg22Namun ironisnya di beberapa wilayah di Indonesia, Dominasi Honda Mulai terusik oleh pesaingnya, Yamaha dan Suzuki. Mari, kita ambil contoh untuk wilayah Sulselbar (Sulawesi Selatan dan Barat). Diwilayah ini Honda menduduki peringkat ketiga dalam hal penjualan di tahun 2008 berdasarkan data Polisi Registrasi (Polreg) setelah Yamaha dan Suzuki (Detail data polisi registrasi tersedia disamping ). Yamaha telah menjadi kampiun diwilayah ini sejak tahun 2006. Bahkan menurut data terbaru yang saya terima, selama dua bulan pertama tahun ini Yamaha telah menguasai 40% market share di wilayah Sulselbar ini disusul Suzuki (28%), Honda (23%).

polreg1 Bahkan, Suzuki yang boleh dikatakan “keok” di Pulau Jawa dapat menjadi market leader di Sulawesi Barat dengan membukukan penjualan sebesar 8,133 unit atau menguasai 43% Pasar Sepeda Motor di Sulawesi Barat. Honda sendiri membukukan penjualan sebanyak 4,110 unit (22%) selisih tipis dengan Sepeda Motor china (Mochi) yang berhasil membukukan penjualan sebesar 3,549 unit. Sekedar info tambahan, Sulawesi Barat merupakan pecahan dari provinsi Sulawesi Selatan yang meliputi Polmas, Mamuju dan Majene.

Data diatas hanya sebagian kecil dari contoh dimana Honda harus mawas diri menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Disini terlihat kekuatan strategi “pricing” dengan uang muka (DP) dan angsuran murah “ala” Honda yang disupport FIF dapat dikalahkan dengan strategi “image” yang mulai diterapkan kompetitornya.

Kemenangan Yamaha dan Suzuki dibeberapa wilayah di Indonesia saya lihat karena penduduk diwilayah tersebut mau membayar sebanding dengan nilai tambah (value added) yang mereka dapatkan dalam hal ini image. Mereka tidak lagi mempedulikan uang muka yang mereka harus bayarkan walaupun merk motor tersebut tidak memberikan subsidi yang jor-joran asalkan kalau mereka memakai motor tersebut ada perasaan “bangga”.

Dengan strategi “pricing” saat ini, Honda telah menciptakan “pasar” tersendiri yaitu orang yang mau membeli motor namun keuangan pas-pasan (maaf tidak semua pengguna Honda type seperti ini, namun saya katakan umumnya). Ambil Honda karena bisa tanpa uang muka, kalaupun pakai uang muka sedia Rp.500.000 sudah ok. Angsuran lumayah ringan lagi …. Daripada harus naik angkutan umum tiap hari, mau berapa biaya transport per-bulan? Urusan bayar angsuran, yah urusan nantilah …. palingan juga ditarik leasing kalau sudah tidak sanggup. Khan kasihan leasing company-nya? Bisa bertahan lama dengan kondisi seperti ini?

Kalau contoh diatas dibiarkan terus, yah dampaknya seperti saat ini “resale value” atau nilai jual kembali Honda jadi murah banget. Kasihan Khan Image Honda yang dulu Rajanya motor berubah menjadi motor “murahan”. Kalau image ini tertanam terus didalam mindset konsumen, tentunya akan sangat berbahaya. Kalau sudah begini, mau bertelor berapa banyakpun sudah tidak ada gunanya, kalau peribahasanya “nasi sudah jadi bubur”. Jadi sebelum terlambat, Honda butuh perubahan seperti Revo yang Revolusioner ……………. Go Honda …..
NB: untuk article mengenai strategi image akan saya bahas dilain waktu.

Entry filed under: motor. Tags: , , , , .

SKYDRIVE, AWAL KEBANGKITAN SUZUKI? HONDA: GO GREEN, SAVE OUR EARTH

1 Comment Add your own

  • 1. gadjah  |  April 21, 2009 at 5:18 am

    mbak, selain daerah sulawesi tidak ada??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: