HONDA: GO GREEN, SAVE OUR EARTH

April 2, 2009 at 1:51 pm 3 comments

Pemanasan global menjadi isu yang sangat sensitif dalam beberapa tahun belakangan ini. Menurut pakar lingkungan hidup, kalau saja pemanasan global ini dibiarkan terus menerus tanpa adanya kesadaran dari insan manusia maka es di kutub akan mencair dan permukaan air laut akan terus naik. Wah gawat nih, apalagi Sheila tidak tahu berenang Hik hik ….

Sebagai salah satu produsen Sepeda Motor terbesar didunia, Honda sangat peduli dengan isu pemanasan global ini. Buktinya, pada Pertengahan Maret ini, Pabrikan Honda di Brasil yang namanya “Moto Honda da Amazonia” telah memperkenalkan motor sport “CG150 TITAN MIX”. Ini merupakan sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi bahan bakar fleksi, yaitu etanol dan bensin.

honda_cg15-_titan_mix_large_3Dengan sistem injeksi bahan bakar campuran yang dikembangkan oleh R&D Honda, Sepeda Motor ini selain bisa menggunakan bensin, juga dapat mengonsumsi etanol. Oleh karenanya, emisi CO2 yang telah menjadi “momok” di kota-kota besar bisa dikurangi.

Teknologi bahan bakar fleksi pada motor Honda ini tidak dilengkapi dengan tangki bahan bakar kedua untuk start dingin seperti yang digunakan pada mobil. Oleh karena itu, Tangki CG150 Titan ini harus mempunyai paling kurang 20 persen bensin untuk mencegah terjadinya gangguan bila mesin dihidupkan pada suhu di bawah 15 derajat celsius. Untuk itu, pada panel instrumen motor telah ditambahkan alat yang akan memberitahu pengendara tentang komposisi campuran etanol dan bensin yang masih tersisa di tangki bahan bakar. Wah canggih bukan ?? Di Brasil Motor ini dijual seharga 32 juta (US$ 2.770 atau 6,340 Real Brasil).

CG150 Titan Mix tersebut dipasarkan di Brazil, dengan pertimbangan Brazil adalah produsen ethanol terbesar di dunia. Bahkan, saat ini Brazil juga menjadi satu-satunya negara yang hampir 90% kendaraan bermotornya menggunakan bahan bakar bioethanol.

Meski yang pertama memproduksi, Honda bukanlah produsen Sepeda Motor pertama yang mengembangkan teknologi bahan bakar fleksibel pada motor. Sebelumnya di tahun 2007, Produsen Motor Italia, Magneti Marelli telah mengembangkan teknologi bahan bakar bioetanol ke motor Kasinski Seta 125. Namun, entah mengapa sampai saat ini Motor tersebut belum kunjung dipasarkan …

Wah … kok motor ramah lingkungan ini belum nonggol di Indonesia yah? Padahal sumber daya alam kita sangat banyak untuk memproduksi Bioetanol. Khan lumayah petani sawit tidak perlu mengeluh lagi sawitnya tidak bisa diekspor. Kalau saja energi bioetanol ini bisa dipakai oleh sepeda motor, dapat dibayangkan berapa juta barrel minyak bumi yang dapat kita hemat dan alam kita dapat tetap lestari. Tidak seperti saat ini dimana mana berasap karena jumlah penjualan kendaraan bermotor terus meningkat dari tahun ke tahun.

Disini saya melihat tinggal political will dari pemerintah dalam menangani energi bioethanol sebagai bahan bakar alternatif. Selama ini sudah banyak investor yang berminta untuk berinvestasi memproduksi bioethanol namun investor tersebut bingung mau dipasarkan ke mana produksi bioethanol mereka mengingat belum banyak masyarakat yang memanfaatkan bioethanol sebagai energi alternatif. Disini pemerintah harus berperan dalam arti menghimbau pabrikan (ATPM) dalam memproduksi Sepeda Motor menggunakan bahan bakar Bioethanol. Bahkan kalau perlu pabrikan yang memproduksi kendaraan bermotor menggunakan bioethanol akan diberikan insetif khusus dari pemerintah.

Kita doakan aja suatu saat Bioethanol dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif kendaraan bermotor …. amin

Entry filed under: motor. Tags: , , .

KETIKA RAKSASA MULAI TERUSIK ….. GEBRAKAN APRILLIA ….

3 Comments Add your own

  • 1. wyren  |  April 4, 2009 at 10:48 am

    @^
    Yes it can..

    udah banyak mahasiswa riset 100% ethanul, methanol, buthanol. Karena toh sebetulnya alkohol itu “cuma” proses fermentasi. Bahkan Ilmuwan Luar negeri sudah bisa men-fermetasikan kayu, batang gandum, dll dll (sulit difermentasi cara normal).

    Sisanya adalah bisa gak produsen-konsumen-pemerintah berhenti addicted to oil??? Saya kira sih belum bisa… Namanya juga addicted…😀

    produsen= berani gak ngejual kendaraan boros? AFR bendin adalah 14:1(14 udara, 1 bensin), ethanol 3:1 ( 3 udara, 1 bensin). Jika nilai kalornya gak jauh beda, betapa borosnya ethanol..

    Konsumen= maw beli kendaraan boros? Belum ada pompa bensin boi-ethanol murni.

    Pemerintah/ perusahaan minyak: siap dana untuk membagun minimal 10.000 pompa bioethanol? Siap dana untuk riset material pengganti tangki bahan bakar SPBU? Siap dana untuk bikin mesin fermentasi?

    Maaf kebanyakan ngomong (nulis)…😀

  • 2. sheila090782  |  April 4, 2009 at 1:49 pm

    Cuma kalau memang pemerintah punya visi ke depan khususnya 20 tahun kedepan, bahan bakar alternatif itu harus dikembangkan.

    saya yakin minyak bumi yang pernah mencapai $130/barrel akan terulang dimasa yang akan datang. Pada saat itu menyesalpun sudah tidak ada gunanya.

    Kebutuhan manusia akan minyak tidak terbatas, namun miyak itu sendiri jumlahnya sudah terbatas. Yah sebelum terlambat …

  • 3. wyren  |  April 5, 2009 at 12:27 am

    Gak juga lah.. Namanya juga bisnis😀

    Kalo masih bisa dibikin “demand” dan “suply” masih bisa dikasih.. Pasti akan tetap dibuat stagnan. Wait en see ajalah… Moga2 anggapan saya salah.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: