MAU SEHAT ATAU SAKIT ….

April 12, 2009 at 3:32 pm 2 comments

Penjualan sepeda motor berdasarkan data AISI (Asosiasi Sepeda Motor Indonesia) selama triwulan pertama tahun 2009 ini mengalami penurunan 14.7% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Penjualan sepeda motor secara nasional mencapai 1.216.689 unit selama tiga bulan pertama tahun ini, turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1.426.586.

Oya, sebelum melanjutkan saya ingin membahas mengenai data penjualan yang dikeluarkan AISI. Penjualan sebesar 1.216.689 unit, merupakan penjualan sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawazaki sedangkan Penjualan sebesar 1.426.586 pada triwulan pertama tahun lalu meliputi penjualan Sepeda Motor Honda, Yamaha, Suzuki, Kawazaki dan “Other” (Kymco, Kanzen,Piaggio). Saya masih cari tahu kenapa pada tahun ini motor merk Other ini kok tidak dimasukkan kedalam perhitungan AISI, ada yang bisa membantu menjawab silakah ….

Ok kembali ke topik, Honda masih memimpin 48% Pasar Sepeda Motor Nasional selama triwulan pertama tahun ini dengan mencatat Penjualan sebesar 584.523, turun sekitar 9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 642.468 unit.

untitled-1

Yamaha menempel dengan “ketat”, Pabrikan berlambang Garpu Tala ini menguasai 44.4% pasar Sepeda Motor Nasional selama triwulan pertama tahun ini dengan Penjualan sebesar 539.553, turun tipis 3.69% dibandingkan penjualan tiga bulan pertama tahun lalu yang mencapai 560.233 unit.

Nasib tragis di alami oleh Suzuki, penjualannya selama tiga bulan pertama tahun ini “keok”. Market share Suzuki secara nasional tinggal 6.8%, turun 7.57% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Kue” yang ditinggalkan Suzuki lebih banyak “dimakan” oleh Yamaha ketimbang Honda. Market Share Yamaha selama tiga bulan pertama tahun ini naik 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sedangkan market share Honda hanya naik 3%. Jadi jagoan siapa nih di triwulan pertama?

Hm… Penurunan penjualan Sepeda Motor versi AISI yang sebesar 14.7% selama triwulan pertama tahun ini, bisa lebih tinggi lho kalau kita bandingkan dengan police registration (polreg) disetiap wilayah … Data AISI merupakan angka penjualan dari ATPM ke dealer sebagai rantai distribusi. Tidak semua sepeda motor yang didistribusi ke dealer dapat disalurkan ke konsumen. Saya memperkirakan penjualan sepeda motor dari dealer ke tangan konsumen turun sekitar 20% pada triwulan I tahun ini.

Dasarnya, Stock di dealer cukup tinggi untuk semua merek sepeda motor saat ini, tidak percaya coba jalan jalan ke dealer. Contoh nyata, Yamaha Vixion dan Mio yang dulunya harus indent sekarang aja sudah jadi stock di dealer. Belum lagi, Merk motor lain … Stocknya meluber bak ikan asin yang lagi dijemur hehe …. Menurut beberapa dealer Honda dan Suzuki yang gue kenal dekat, ratio stock mereka cukup tinggi yakni melebihi 2 bulan stock, sedang untuk dealer Yamaha rata rata mencapai 1.1 bulan stock.

Menurut saya, Kondisi kelebihan stok ini tidak sehat. Pabrikan seharusnya membatasi stok agar tidak berlebihan dan mengutamakan kondisi bisnis yang sehat baik buat ATPM, dealer, lembaga pembiayaan dan konsumen, bukan mengejar perolehan market share. Sudah menjadi hukum dagang saat stock menumpuk, dealer akan pusing apalagi kalau “cash Flow” sudah mulai “seret”. Akibatnya jualannya mulai ngawur, terjadilah perang harga dan diskon gede-gedean. Disatu sisi konsumen senang bisa membeli motor dengan harga yang sangat terjangkau, disisi lain harga jual kembalinya akan hancur (kok bisa nanti gua jelaskan…) dan after sales services sudah tidak maksimal lagi mengingat margin usaha dealer sudah habis karena perang harga. Kalau dealer sudah “ngawur”, lembaga pembiayaan akan sakit gigi juga karena kredit macet jelas akan mengunung yang mengakibatkan motor tarikan akan menumpuk, akhirnya harga jual hancur deh …

Next kita akan membahas faktor yang menyebabkan penjualan sepeda motor ini turun. Menurut saya, faktor utama turunnya penjualan sepeda motor adalah daya serap pasar domestik yang masih melemah, menyusul tingkat suku bunga pinjaman untuk mencicil pembelian sepeda motor masih tinggi. Meskipun BI rate sudah turun, namun kenyataannya suku bunga dari lembaga pembiayaan masih tinggi. Walaupun ada penurunan suku bunga itu masih sangat kecil, dibandingkan kenaikan yang sudah terjadi. Asal tahu aja … saat ini bunga pinjaman untuk membeli sepeda motor bisa mencapai 37%-40% untuk masa kredit selama tiga tahun. Tingginya suku bunga pinjaman ini karena faktor likuiditas yang makin ketat dipasar finansial dan naiknya NPL (kredit macet).

Faktor lain adalah daya beli masyarakat yang menurun akibat turunnya harga jual komoditas seperti kelapa sawit dan batu bara dan gelombang PHK karena banyaknya pabrik yang tutup akibatnya sepinya order dari luar negeri .

Lalu gimana Pabrikan harus bertindak agar penjualan bisa meningkat di triwulan II tahun ini. Untuk hal yang ini saya serahkan sepenuhnya kepada team marketing masing masing ATPM khan mereka jelas lebih hebat dari gue. Apalagi AHM dengan narkoda barunya, Bapak Johanes Loman (selamat yah …). Kalau gua terus yang komentar, capek deh …………… Yang jelas ikuti cara Partai Demokrat yang sudah membuktikannya ….

Entry filed under: motor. Tags: , , , , .

UPDATED NEWS: FREE PRACTICE I MOTOGP, LOSAIL KEMESRAAN INI JANGAN CEPAT BERLALU

2 Comments Add your own

  • 1. Cabe merah  |  April 13, 2009 at 12:18 am

    Kaya partai demokrat…?!
    Bersahaja
    Elegance
    Talk less do more
    Confidence
    No offense

    Apalagi ya?

  • 2. kecretrakatokan  |  April 14, 2009 at 9:05 am

    hmmm dari tulisan2-nya seh mbak sheila ini pakar analisa marketing ya, blog ini jadi acuan yg cukup bagus untuk belajar marketing neh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: