“CIPTAKAN PERSEPSI DAN BE PROVOCATIVE”

April 16, 2009 at 4:16 pm 7 comments

Kalau saya bertanya definisi cantik kepada Anda, apa jawaban Anda? Mungkin sebagian besar Anda akan menjawab, “putih, langsing, dan berambut hitam” benar kan?

1_172088401l1
Pertanyaan saya berikutnya adalah benarkah definisi tersebut ? Bagaimana dengan sebagian besar wanita Indonesia yang sawo matang? bukankah kenyataannya merekapun cantik? Lalu kenapa sebagian besar orang berpendapat seperti itu? Ini semua dipicu oleh sebuah persepsi yang diciptakan oleh marketer melalui iklan tv, media cetak, dan media promosi lainnya. Saat konsumen meng-iya-kan statement yang muncul di iklan, maka terbentuklah sebuah persepsi umum.

Nah, bila persepsi itu terbentuk dengan kuat, maka akan terjadi perubahan perilaku konsumen.

Marlboro untuk sukses seperti saat ini juga menciptakan persepsi di masyarakat. Awalnya rokok putih yang rendah tar Marlboro tidak laku di konsumen Amerika karena dianggap rokok para perempuan, maka Marlboro-pun mendefinisikan kembali positioning-nya. Dan sebagai hasilnya Marlboro menggebrak pasar dengan iklan Cowboy yang identik dengan dunia laki-laki. Gayung pun bersambut, penjualan Marlboro pun terkerek naik dan kini telah mendunia. Tema kebebasan, petualang, dan keberanian berhasil menciptakan persepsi yang tepat untuk segmen para lelaki. Marlboro-pun memperkuat persepsi ini dengan banyak mensponsori kegiatan olah raga & kegiatan para lelaki. Hal ini pun ditiru dengan apik-nya oleh Djarum dengan selera pemberani-nya.
Dampaknya luar biasa banyak lelaki yang tak merasa lelaki bila tidak merokok dan anak-anak SD pun tergoda untuk ingin dicap sebagai pemberani dengan merokok sambil jalannya bak James Bond. Hebat kan?

Dalam dunia bisnis, perusahaan juga harus mampu menciptakan persepsi yang diinginkan dan hal ini sah-sah saja asal diimbangi dengan kualitas produk, layanan, dan upaya lain untuk memperkuat persepsi yang dibentuk. Persepsi yang kuat terbentuk dari kegiatan marketing yang provokatif, lihat saja Yamaha Mio.

Pada awal dilaunching, banyak yang memandang sebelah mata kehadiran Yamaha Mio, maklum aja saudara kandungnya Nouvo aja tidak “berdaya”. Saat itu, Motor otomatis dianggap kurang maksimal atau terlalu “lembek” dibanding motor jenis lain. Tapi, setelah dilakukan promosi gencar-gencaran di media massa dan diadakannya program Impossible Matic oleh YMKI Di sejumlah daerah di Indonesia, pandangan masyarakat pada motor matic berubah 180 derajat.

untitled-2YMKI membuat program Impossible Matic untuk membuktikan hal yang tak mungkin dilakukan motor matic menjadi mungkin. Program yang ditayangkan di ANTV ini bertujuan membentuk persepsi publik bahwa ada kekuatan motor matic yang sangat luar biasa. Selain itu, program Impossible Matic juga memberikan edukasi kepada penonton agar lebih percaya pada ketangguhan Yamaha Mio.

Intinya, segala sesuatu yang dianggap tidak mungkin bagi Mio, diperagakan di program tersebut. Yamaha membuktikan bahwa
Mio dapat menjadi solusi bagi kehidupan penggunanya bahkan bisa menandingi performa sepeda motor bebek.

untitled-3Lantas bagaimana cara selanjutnya Yamaha membuat hal yang mustahil di dunia motor menjadi kenyataan? Sejauh ini komunitas Yamaha
sendirilah yang membuat pengembangan pengembangan kreativitas tersebut yang terus diakomodasi oleh YMKI . Tentunya kreativitas komunitas dan pengguna tersebut dilakukan berdasarkan fanatisme dan
kecintaan terhadap merek Yamaha Mio.

Promosi yang provokatif seperti yang dilakukan YMKI terbukti sukses untuk menantang konsumen untuk mencoba Yamaha Mio. Yamaha Mio saat ini menjadi trend dikalangan muda. Motor skutik menjadi “primadona” baru masyarakat Indonesia. Bahkan, Penjualan Motor Skutik mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Sejumlah ATPM berlomba lomba mengeluarkan skutik terbarunya untuk memenuhi kebutuhan pasar.

YMKI telah mengajarkan kita “Ciptakan persepsi dan be provocative”

Entry filed under: motor. Tags: , , .

SLOGAN VEGA ZR … KLX 150, WAH MAKIN BANYAK PILIHAN

7 Comments Add your own

  • 1. jomblo ati  |  April 16, 2009 at 4:40 pm

    Hehehe… Semester 5, manajemen pemasaran.
    Pertanyaannya:
    Mengapa AHM tidak berhasil membangun persepsi / image buat CS-1?
    Btw, menurut orang barat sono, cewek yang cantik malah yg berkulit gelap. Makanya org sana doyan berjemur.
    Tanya kenapa?? Kok mau ya org kita di begoin sm produk pemutih kulit?

  • 2. Cabe merah  |  April 17, 2009 at 3:14 am

    Kebanyakan orang kita kulitnya bukan gelap mas?
    Tapi emang udah hitam doff,kalu orang kamerun ngomongnya item bluwek.
    Ya wajar kalu sesekali pingin berrrubaaah…
    Ya itu kan rezeki mereka yg cepat menangkap penomena orang dimarih.

  • 3. seniman sableng  |  April 17, 2009 at 8:21 am

    mas jombloyati,
    membangun image cs-1 pasti lebih berat karena memang benar2 “barang baru” untuk pasar yang dituju, dengan kata lain harus membuat pangsa pasar sendiri. mirip seperti waktu yamaha membangun image motor 4 tak, cukup lama merintisnya.

    beda dengan, katakanlah abs revo / vega zr.. mereka cuma meneruskan penetrasi ke pasar yang sudah ada dan sudah dirintis sebelumnya tanpa harus membangun image lagi.

    imo, rapot cs-1 belum sepenuhnya merah karena walaupun terjadi penurunan cukup drastis, masih sedikit diperbaiki dengan peningkatan penjualan cukup signifikan walaupun belum menggembirakan.

    orang kita bukan mau di bego-in sama produk pemutih kulit, tapi memang orang kita mayoritas menganggap putih itu identik dengan bersih.

    lagian ngapain terlihat cantik di mata orang bule yang belum tentu bakal ketemu? lebih baik cantik di mata pribumi yang pastinya bakal lebih sering ketemu.

  • 4. bima  |  April 20, 2009 at 11:59 am

    kita tunggu sampai akhir 2009 untuk melihat hasilnya …

  • 5. anton_ks  |  April 20, 2009 at 5:00 pm

    itu fotonya mbak sheila ya?…. waaaaah cantik jg ya? suejuuk…
    menurutku cantik tuh dari tutur kata & cara berpakaian apalagi ditambah wajah manis plus kulit yg bersih nggak peduli warnanya asal bersih, lagian gw malah lebih suka ce berkulit coklat.
    @SS
    IMO cs-1 statusnya spt mio … barang yg benar2 baru saat petama keluar banyak yg mencibir skr tinggal gmn atpm ‘mengedukasi’ (ciee kayak orang ahm aja) customer, agak berat memang tp tidak ada hal yg mustahil.

  • 6. edy dargo  |  April 21, 2009 at 2:49 am

    mbak sheila “sixion”, sesuai…motor sport juga

  • 7. Mike  |  February 18, 2012 at 3:28 pm

    Kalo boleh tau foto cewe sebagai model atau contoh diatas dapat darimana??? Pak / Ibu…. karena itu foto hasil hack oleh orang tidak bertanggungjawab dari account friendster orang tersebut … tolong untuk blog yang memang kalo punya mutu dan berguna bagi orang banyak nyari gambar juga jangan sembarangan ambil.. thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: