PILIH VELG CASTING WHEEL ATAU JARI JARI

April 29, 2009 at 3:18 pm 10 comments

Kalau gue mengamati 80% Sepeda Motor yang dibeli oleh konsumen telah memakai velg casting wheel sisanya masih memakai velg “tradisional” atau velg jari jari. Walaupun harga Sepeda Motor yang memakai Velg casting wheel (CW) lebih mahal hampir dibandingkan Sepeda Motor yang diproduksi dengan mengunakan Velg biasa, konsumen saat ini cenderung memilih yang lebih mahal. Tanya kenapa? Yah itulah trend yang harus diakui dan dicermati oleh ATPM saat ini. Tentu setiap bikers mempunyai pilihan dan alasan tersendiri …

Untuk merespon trend pasar tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) telah meresmikan pabrik velg racing (casting wheel) di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat. Pabrik ini berdiri di atas areal seluas 30.177 m2 dan luas bangunan 14.760 m2 dengan kapasitas produksi mencapai 250.000 set velg pertahun dan akan ditingkatkan hingga 500.000 set velg pertahun.

Menurut manajemen AHM, Pengoperasian pabrik ini diharapkan dapat memenuhi keinginan pasar akan kebutuhan Cast Wheel dan mencapai tingkat efisiensi yang maksimal dengan kualitas yang terbaik. Pembangunan pabrik Casting Wheel ini merupakan fasilitas in plant pertama di dunia yang teknologinya dikembangkan oleh Honda sendiri. Sebelum memiliki fasilitas pembuatan velg racing ini, AHM memenuhi kebutuhan velg racing dari para vendor yang ada di Indonesia.

revoDengan meningkatnya produksi sepeda motor, AHM merasa perlu untuk membangun fasilitas itu sendiri guna mengurangi ketergantungan dari para vendor. Peningkatan permintaan ini terbukti dari data penjualan model-model yang menggunakan velg racing terus mengalami peningkatan. Penjualan tahun 2008 lalu, sekitar 60% model adalah menggunakan velg racing. Bahkan untuk beberapa model, seperti Vario dan Tiger, saat ini hanya tersedia model yang ber-velg racing. Hal ini menunjukan tren terhadap permintaan velg racing terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pembangunan fasilitas pembuatan velg racing ini juga menunjukan optimisme AHM terhadap pasar sepeda motor di Indonesia yang tetap akan tumbuh dengan baik, meskipun di tengah kondisi krisis seperti saat ini. AHM berharap, fasilitas yang bernilai investasi US$ 30 juta ini akan dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sekaligus juga dapat memenuhi selera konsumen terhadap sepeda motor yang diinginkan.

Saya menilai apa yang dilakukan AHM diatas sudah tepat dalam mengantisipasi pasar sepeda motor yang saat ini terus meningkat. Yang menjadi pertanyaan gimana yah kalau suatu saat Velg Casting Wheel sudah tidak menjadi trend atau omong kosongnya “back to nature” dalam hal ini velg jari jari. Mau diapakah Investasi yang sudah segede diatas ini? Wah pusing deh kalau gini ….

Namun, saya tidak mau terlalu banyak berandai andai. Yang justru saya ingin singgung kali ini adalah kok YMKI menciptakan Vega ZR tanpa ada velg casting wheel-nya. Padahal, saya menjumpai banyak pengendara yang “ingin” bahkan “mengeluh” agar Vega ZR dikeluarkan versi casting wheelnya juga.

hal04-05-ymh05-vega-zr-298x300Saya pernah pertanyakan hal tersebut langsung kepada manajemen YMKI, jawabannya sederhana yakni Vega ZR itu khan masuk ke kategori “Low Price Model” (LPM) jadi kalau dipasang velg casting wheel nanti tidak masuk ke kategori tersebut alias kemahalan kali. Lalu, apa bedanya Honda Absolute Revo atau Suzuki Smash .. Toh, walaupun masuk ke kategori Low Price Model, justru saya melihat Revo dan Smash yang memakai Casting Wheel (CW) lebih laku. YMKI harusnya melihat mana yang lebih laku Jupiter Z velg jari jari atau Jupiter Z CW?

Konsumen Indonesia saya nilai mau membayar lebih asalkan ada sesuatu fitur yang menarik dan bernilai yang ditawarkan bagi mereka. Kata mereka lebih baik bayar lebih daripada tampil “jadul” tapi sampai kapan yah trend ini berlangsung ?

Entry filed under: motor. Tags: , , , , .

TERUS BERINOVASI, MINERVA AKAN HADIRKAN SKUTIK STANDAR EROPA KATANYA SIH HONDA VARIO BAKAL PUNYA ADIK

10 Comments Add your own

  • 1. SkywaveR  |  April 29, 2009 at 3:38 pm

    sesuai selera dan kondìsi jalan yg dilalui.
    pingin kelihatan gagah sporty dan jalan udah mulus ya pilih yg cast wheel,
    klo pingin yg murah dan jalannya jelek mending yg jari2 aja lebih sip.
    #1

  • 2. kuro22id  |  April 30, 2009 at 2:06 am

    masyarakat ingin meningkatkan standart motornya jadi lebih tinggi, salah satunya ya velg cw tersebut.

  • 3. tores  |  April 30, 2009 at 2:53 am

    Simple aja scara gw velg CW gampang nyucinya&mbuat mtor jd keren!

  • 4. adetm  |  May 1, 2009 at 4:57 am

    saya lebih suka velg jari2 sebenernya gan, tp harganya mahal >.<. buat motor saya, harga velg jari2 untuk yg belakang aja, udah seharga velg racing sepasang. belom lagi susah cari ban dalam untuk ban ukuran standar ban belakang saya…

    nb, motor saya thunder 250 gan…

  • 5. gadjahalphien  |  May 1, 2009 at 7:59 am

    ya saya kebetulan dapetnya yang cast wheel terus. mulai dari jupiter> athlete + Mio

  • 6. SkywaveR  |  May 1, 2009 at 11:27 am

    dapet.?
    dapet hadiah.? ng beli ya. asyik tu.
    klo punyaku emang ng ada yg jari2 sih.
    skywave hanya ada yg cast wheel aja.

  • 7. ekkanofx  |  July 4, 2009 at 3:49 am

    gw nyuesel betul kenapa kemarin ambil scorpio CW.harusnya gq beli yg spoke biar dapet tromolnya n tggal beliin velg TDR17/475+350 kuerren pastinya masbro

  • 8. Rifkyⁿ ՏЕГӌАवI ツ (@tukangngopi24)  |  October 28, 2012 at 9:31 am

    gw pake vega zr 2009 gan, tp blm cw . pengen gnti racing . cocoknya apa ya ? maklum newbie .

  • 9. feferryirawan  |  January 30, 2013 at 2:11 pm

    Beat gua sih pengenya jari² tapi harga jualnya murah mending CW aja

  • 10. Bali Tour  |  September 22, 2013 at 8:02 am

    artikel yang bagus bro
    good information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: