YAMAHA MENYALIP, JARAK DENGAN HONDA SEMAKIN DEKAT

May 5, 2009 at 1:26 pm 11 comments

Setelah sempat naik dalam 2 bulan terakhir, Penjualan sepeda motor nasional menurut AISI pada bulan April 2009 tercatat hanya 386.106 unit atau turun 11,4% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, 435. 901 unit.

Jika dibandingkan dengan realisasi pasar kendaraan roda dua pada April 2008 sebanyak 542.750 unit, terjadi koreksi yang sangat besar yaitu 28,8%.

Penurunan penjualan sepeda motor ini karena kegiatan masyarakat yang terkonsentrasi pada penyelenggaraan pemilu legislatif dan proses pengurangan ratio stock didealer yang dilakukan AHM (Honda). Penurunan suku bunga kredit sepeda motor menyusul turunnya BI rate yang telah dilakukan beberapa lembaga pembiayaan pada bulan April 2009 ternyata tidak terlalu banyak membantu penjualan.

hal04-05-ymh05-vega-zr-298x300Dalam kondisi pasar yang melemah ini, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kembali berhasil menggusur PT Astra Honda Motor (AHM) dari posisi pertama pasar sepeda motor domestik. Yamaha berhasil mencatat penjualan sebesar 189.082 unit (49.04%), menaklukkan Honda yang hanya mencatat penjualan sebesar 155.789 unit (40.40%). Keberhasilan YMKI mengambil alih posisi teratas pasar motor nasional ini merupakan yang pertama tahun ini. Suzuki dan Kawasaki mengalami peningkatan penjualan dibandingkan bulan sebelumnya, berhasil menjual sebanyak 36.901 unit (9.57%) dan 3.834 unit (0.99%).

Dengan hasil tersebut, Yamaha semakin mendekati market share Honda yang hanya selisih 0.73%. Kalau di triwulan pertama tahun ini Market share Honda mencapai 48.04% maka dengan hasil “buruk” dibulan April 2009, market share Honda turun menjadi 46.20%. Yamaha mengalami peningkatan menjadi 45.47% dibandingkan market share tiga bulan pertama yang hanya 44.35%. Suzuki meningkat menjadi 7.47% dan Kawasaki juga meningkat menjadi 0.86%.
untitled-1

Kalau Sheila ditanya kenapa market share Honda cenderung menurun? Jawabannya, saya Sudah bosan bahas dalam berbagai tulisan saya sebelum (silakah baca: YAMAHA SEMAKIN MENGANCAM , KETIKA RAKSASA MULAI TERUSIK , MAU SEHAT ATAU SAKIT …. )

Kalau saya ditanya lagi mengapa penjualan Honda begitu jatuh di Bulan April 2009? Jawabannya mungkin Bapak Johannes Loman telah membaca beberapa tulisan gua, termasuk MAU SEHAT ATAU SAKIT …. , dan intropeksi diri hehe … maaf yah kalau Sheila Ge-er banget ….:(

Tapi nih gua kasih buktinya. Dalam Press releasenya dibeberapa media massa hari ini, Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengakui penjualan Honda pada April lalu turun jika dibandingkan dengan Maret. Penyebabnya adalah karena keputusan perusahaan menurunkan angka distribusi untuk menyehatkan stok di jaringan dealer. Dia menjelaskan stok kendaraan Honda pada bulan lalu berada dalam kondisi yang kurang sehat yakni lebih dari 1 bulan. Lebih lanjut Julius mengatakan “Kami bisa saja terus mendorong penjualan, tapi kami ingin membantu dealer-dealer dan dealer utama kami supaya cash flow dan stok lebih sehat.” Gimana samakah dengan anjuran gua di tulisan gua yang berjudul MAU SEHAT ATAU SAKIT …. ?

Sekedar tahu, Ratio stock Honda di Bulan Maret lalu cukup tinggi. Beberapa dealer “Honda” sempat mengeluh kalau stocknya telah cukup untuk penjualan dua setengah bulan. Dengan hasil di Bulan April ini, bukan tidak mungkin Bulan depan Honda akan “mengalah” lagi demi menurunkan ratio stock yang sudah demikian tingginya (menurut gua AHM sudah kudu basah, kalau cuma sebulan percuma …). Namun, saya melihat strategi ini akan berdampak positif bagi pengembangan penjualan Honda kedepan, istilahnya mengalah untuk menang

Dengan selisih penjualan versi AISI yang sedemikian tipis, saya melihat Yamaha “pemenang”nya. Kok bisa? Karena Sheila Yakin penjualan sepeda motor Yamaha dari dealer ke konsumen jauh lebih besar dari penjualan sepeda motor Honda dari dealer ke konsumen. Faktanya, Ratio stock dealer Yamaha yang saat ini cukup sehat yang hanya satu bulan stock (nice strategy). Walaupun, Honda sudah mengurangi produksinya pada bulan April Sheila yakin ratio stock masih mencapai dua bulan stock.

Saran buat YMKI tetaplah berinovasi dalam menciptakan brand image dan yang paling ditunggu dan penting adalah MANA PRODUK BARUNYA !!!

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , , .

“SILLY SEASON” MOTOGP MULAI BERGULIR JAMAN SEKARANG, JADI ISTRI HARUS TEGAR. TAPI ADA BATASNYA DONK ……

11 Comments Add your own

  • 1. jomblo ati  |  May 5, 2009 at 2:09 pm

    statement nya cukup menantang nih….
    mudah2an bukan cuma omdo
    http://oto.detik.com/read/2009/05/05/163320/1126627/648/honda-yamaha-paling-tahan-1-bulan-di-puncak

    selama tiger dan megapro belum turun tahta, yah gak bakalan berubah deh petanya.
    andai… walaupun jadul, tapi diikuti dengan kualitas tinggi dan harga yang murah, pasti tiger dan megapro bisa bertahan. justru malah dicari orang, karena ketersediaan sparepart yang gampang.
    logikanya gitu kan, tapi sayang… rantai tiger aja hrgnya udah segitu….???

  • 2. Aa_Game  |  May 5, 2009 at 2:40 pm

    Jujur dibanding warung sebelah yg rame banget, warung ini pembahasannya justru lebih mendalam ketimbang d sebelah. Trutama dlm bahas strategi marketing. Kayak blognya om Genesis, biar sepi tp isinya lebih mendalam. Mbak, bahas ttg kegagalan Blade menekuk Jupiter Z dong soale gak ada warung yg mau bahas ini

  • 3. sheila090782  |  May 5, 2009 at 3:18 pm

    Statement Bapak Julius hari ini ada dibeberapa media massa nasional, intinya bulan ini Honda kalah karena pengurangan stock. Menurut saya, pengurangan stock boleh dijadikan salah satu namun yang penting brand image harus diperhatikan. Untuk bangun brand image butuh waktu dan konsitensi. Yamaha berhasil membuktikan

  • 4. gadjah  |  May 5, 2009 at 5:32 pm

    berat buanget bahasannya buat otak saia yang lagi error ini

  • 5. SkywaveR  |  May 5, 2009 at 6:47 pm

    honda skrg kalah krn tdk ada lg model yg konservatif yg menjadi ciri nya sejak dulu. modelnya mulai mboseni. kurang fresh.

    wah. telat nih.
    ng podium😦

  • 6. Lost Angels  |  May 6, 2009 at 12:50 am

    Mbak sheila, ada data detail tiap type kagak? Gimana nasibnya CS1 ama blade yg katanya produk unggulannya Honda.
    Honda kalah karena udah g punya/minim produk yg konvensional kayak astrea grand, supra x, fit x, secara Honda bisa menang selama 30th lebih karena produk2 tersebut.
    Kata Julius Aslan Yamaha hanya tahan 1 bulan di puncak, hehe.

  • 7. coconut  |  May 6, 2009 at 1:42 am

    Biasalah kalau kalah yah komentarnya gitu.
    Kalah itu wajar kalau dalam pertandingan, cuma saya setuju dengan komentar mas diatas. Honda sudah sewajarnya dikalahkan oleh Yamaha.
    Dari segi kualitas jauh unggul produk Yamaha

  • 8. NVR110&YZFR15  |  May 6, 2009 at 12:59 pm

    Emang Yamaha mana nih sport barunya
    Nouvo elegancenya juga nih saya nantikan

  • 9. SkywaveR  |  May 6, 2009 at 11:27 pm

    Jgn pake nama nouvo, nanti ng laku. kyk dulu.
    di indo harus namanya di ganti MIO ELEGANCE.
    biar laris manis.
    kyk mio2 lain😉

  • 10. tigiser  |  May 10, 2009 at 2:21 pm

    bikin aja tigi n megi versi 4 valve DOHC g usah injeksi kisaran 19 – 23 juta ….dijamin naik tuh image……

  • 11. free your soul  |  May 14, 2009 at 8:59 am

    Nambah lampu aja Tiger dinaikin 3 jeti. Gimana kalau ganti SOHC ganti DOHC… mimpi Honda ngasih harga segitu !!! Keunggulan Honda kini cuma di harga. Kualitas dan inovasi terbelakang. (Vario belakangan dari Mio. Blade 110 baru 2008, yang lain bertahun-tahun yang lalu). Honda emang udah waktunya habis. Jurus dewa mabuknya jadi bumerang !!!

    Selamat deh buat Yamaha!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: