KUPAS TUNTAS PRESTASI YAMAHA JANUARI – APRIL 2009

May 10, 2009 at 3:39 pm 28 comments

yamaha1 Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) berhasil menggusur PT Astra Honda Motor (AHM) dari posisi pertama pasar sepeda motor domestik pada bulan April 2009. Yamaha berhasil mencatat penjualan sebesar 189.082 unit (49.04%), menaklukkan Honda yang hanya mencatat penjualan sebesar 155.789 unit (40.40%). Keberhasilan YMKI mengambil alih posisi teratas pasar sepeda motor nasional ini merupakan yang pertama tahun ini. Dengan hasil tersebut, selisih penjualan Yamaha dan Honda hanya selisih sedikit, yakni 11.677 unit.

Duet Mio dan Mio Soul dapat menjadi andalan YMKI di barisan pertempuran terdepan. Penjualan Mio mencapai 226.298 unit dan Mio Soul 86.826 unit selama empat bulan pertama tahun 2009 ini. Pantas, kalau duet ini dapat dikatakan memberi kontribusi yang cukup besar pada penjualan Yamaha, yakni 43%. Namun, YMKI harus “hati-hati” dengan duet andalannya ini karena ATPM lainnya kelihatan gencar mengeluarkan produk dan promosi yang terbaru disegmen ini. Kelambanan dalam mengantisipasi keinginan atau trend pasar akan menjadi “Blunder” di kemudian hari. Faktanya, market share Yamaha disegmen ini terus tergerus oleh pesaingnya. Para Bikers tentunya sangat menunggu perubahan pada Mio yang tidak hanya sekedar facelift. YMKI Rencananya akan meluncurkan Mio facelift terbaru pada awal semester kedua ini. Lalu bagaimana dengan regenerasi “keluarga” Mio ini? Konon, menurut salah seorang manajemen YMKI, mereka telah menyiapkan versi mio terbaru tapi masih menunggu “timing” kondisi pasar yang tepat untuk diluncurkan.

Perjuangan Mio dibarisan terdepan sedikit banyak terbantu oleh Jupiter Z dan Motor sport Yamaha, yakni Scorpio, RX King dan Vixion. Tugas keempat laskar ini terbukti ampun melumpuhkan rival-rivalnya. Kehadiran Honda Blade belum mampu meredam keperkasaan Jupiter Z. Terbukti, Penjualan Jupiter Z dapat mencapai 133.041 unit selama periode Januari sampai April 2009 ini. Keperkasaan Jupiter Z ini saya perkirakan akan terus berlanjut mengingat pada bulan September 2009 YMKI akan mengeluarkan Jupiter Z terbaru tentu dengan sejumlah kelebihan dan kejutannya …

yamaha Disegmen sport, prestasi YMKI lebih fenomenal lagi. Mereka mampu menjadi market leader disegmen yang sudah lama dikuasai oleh Honda. Walaupun, penjualan Scorpio masih mengecewakan yakni hanya 6.112 unit selama empat bulan pertama tahun ini namun penjualan Vixion sangatlah luar biasa. Vixion berhasil mencatat penjualan sebanyak 56.543 unit. Lebih mengejutkan lagi, motor 2 tak RX King terjual sebanyak 4.006 unit sejak awal tahun ini. Padahal produk ini telah dihentikan produksinya. Kekuatan Yamaha disegmen ini akan bertambah kalau saja Yamaha jadi meluncurkan produk terbarunya disemester kedua, kita tunggu ….

mast_img03Dominasi Motor yang telah dibahas diatas cukup mampu “melumpuhkan” rival-rivalnya. Bahkan, berkat “serangan” yang bertubi tubi dari pasukan tersebut, Yamaha sekali kali dapat merebut “tahta” yang selama ini dipegang oleh Honda. Lalu bagaimana dengan Jupiter MX? Motor ini sebenarnya sangat diandalkan Yamaha untuk mendobrak dominasi Supra X 125 dan Shogun. Namun seiring dengan berjalannya waktu, penjualan Jupiter MX ternyata dibawah “harapan” manajemen YMKI. Jadi wajar kalau YMKI menerapkan taktik bertahan sambil sekali kali menyerang untuk merebut “kue pasar” lewat event balap MotoGP dan World Superbike yang memunculkan Valentino Rossi dan Doni Tata sebagai “ikon”. Jupiter MX mencatat penjualan sebanyak 58.422 selama periode Januari – April 2009.

new08Gimana nih dengan “nasib” keluarga Vega? YMKI nampaknya menerapkan taktik “bertahan” Di segmen Low Price Model (LPM) ini. Lho kok bisa dikatakan “bertahan”? Saya mengamati YMKI sudah merasa puas dan “nyaman” kalau dapat bertahan menguasai 35% market LPM. Mau lebih juga bisa kok … Namun butuh “biaya dan pergorbanan” yang besar untuk mengempur pasukan Honda Revo yang sangat kuat disegmen ini. Disini, YMKI terlihat “cerdik” untuk tidak meladeni permainan kompetitor karena untuk mau melawan Revo mereka masih punya kemampuan yaitu dengan menurunkan uang muka dan angsuran. Tapi, untuk hal yang satu ini kelihatannya hukumnya “haram” karena akan menjatuhkan brand image Yamaha secara keseluruhan. Khan, Produk Yamaha selama ini dikenal mempunyai resale value yang terbaik. Selama empat bulan pertama tahun ini, Vega terjual sebanyak 157.387 unit yang terdiri dari Vega R 17.415 unit dan Vega ZR 139.972 unit.

Mampukah Yamaha meneruskan perjuangannya untuk menjadi yang terbaik, hanya waktu yang akan menjawabnya ….

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , , , , , , , , , .

PENJUALAN CS-1 MASIH LOYO WAH … KINI ADA MOTOR LISTRIK SPORT

28 Comments Add your own

  • 1. Fe.a  |  May 10, 2009 at 4:54 pm

    O,Ini to blog anteknya yamaha?!
    usul ya tolong donk jupiter mx yg kemlotak itu dibenerin,mio yg boross tuch ganti aja mesinnya,ama scorpio yg ngadatan tu di scrap aja.JANGAN TERLALU BANYAK KOAR KOAR IKLAN DI TV!!
    PERHATIIN TU KESEJAHTERAAN KARYAWANNYA,JANGAN CUMAN BUAT IKLAN DONK!

  • 2. triatmono  |  May 10, 2009 at 11:08 pm

    @Fe.a
    Mbok yaaaoo… orang berpendapat dihargai… !!! Mosok kalau orang berpendapat… ndak sesuai dengan sampeyan.. terus dibilang antek yamaha… ??? Sekarang ini jamannya kebebasan berpendapat… apalagi gue baca artikelnya… didukung oleh data … !!!

    @mbak sheila
    Yaagh beginilah… kalau nulis sebagai bloggerz… kudu sabar… !!! Gue sudah kenyang… dengan yang beginian… !!!😀

  • 3. SkywaveR  |  May 10, 2009 at 11:43 pm

    Pada sabar aja ya mas 3 dan sheila..
    itu contoh pengunjung yg kurang pandai.
    para pengunjung blog skrg udah pada bisa mikir, kayak ketika merekam membeli motor. udah tau mana motor ato blog yg bagus ato mana yg kurang bagus..

  • 4. SkywaveR  |  May 10, 2009 at 11:51 pm

    si Fea tu kyknya karyawan yamaha ya.
    he..he..
    mas 3, sheila penjualan vega ZR dgn Revo, 4 bln ìni banyakan mana?

  • 5. Cabe merah  |  May 11, 2009 at 12:12 am

    Sudah kuduga…
    Pasti ada yang ngamuxz…

  • 6. Fe.a  |  May 11, 2009 at 12:33 am

    karyawan yamaha?
    Memang kalau diperhatiin dari hari ke hari ada blog tertentu yg terlalu menyudutkan atpm tertentu,gak berimbang.KALAU toh mengulas keburukan atau keunggulan satu atpm,ya ulas atpm yg lain juga.
    dan jangan terlalu sering mengulas keburukan suatu atpm,itu akan menjatuhkan produk dari atpm tersebut.misal jika membahas kekurangan produk blade kurang laku,jupiter mx kurang laku,cs1 bentuknya aneh,scorpio yg mati suri,orang orang pada berfikir o,ini to produk yg gak laku.jadi bagaimana penjualan bisa naik kalo produk terlalu banyak dicerca.kasihlah waktu atpm buat ngepasarin produknya,jangan terlalu mengeksplorasi kekurangan atpm.bukankah dosa juga mengumbar keborokan suatu produk,kepada publik lagi!
    aduh misal anda jualan ternyata keborokan produk anda diumbar di kalayak umum bagaimana tuch?

  • 7. mig 29  |  May 11, 2009 at 12:55 am

    @Fea
    harusnya atpm yang dicerca berterimaksih dah dikasih tau keburukannya..berarti ada harapan sama perhatian…
    lha ini nulis juga pake datagak asal ngecap, dari pada ente hanya nulis karyawan yamaha kurang makmur, kurang tunjangan tpi gak kasih data alias tulis doang..
    tpi ya sak karepmu lah

  • 8. bonz  |  May 11, 2009 at 1:31 am

    Kupas tuntas Honda juga dong biar bisa di kompare satu sama lain..

  • 9. SkywaveR  |  May 11, 2009 at 1:56 am

    Artikel blog tu jg kyk motor. yg lg rame ya itu yg byk dikunjungi.
    yg rame kan emang honda yamaha.
    coba buat artikel yg ngulas motor ducati ato harley,
    hanya orang2 ‘terpilih’ aja yg baca.
    ( gue ng termasuk deh..😉 )

  • 10. core81  |  May 11, 2009 at 4:12 am

    ATPM Yamaha dan ATPM yang lainya pasti bisa kok untuk menjadi yang Terbaik.

    Tinggal tergantung Komitment, dan mau denger apa mau Konsument aja.

    it’s true

  • 11. SkywaveR  |  May 11, 2009 at 4:31 am

    Emang gaji karyawan yamaha brp?
    klo sama tukang ojek gedean sapa?
    sejahtera siapa?

  • 12. EgaRaditya  |  May 11, 2009 at 5:35 am

    Anjing lu fea sapa sh lu ngehina bloggerz,kalau mau fair bkin th blog lu sendiri..palingan lu doang yg nulis n yg bca lu doang wkwkwk

  • 13. Cabe merah  |  May 11, 2009 at 6:26 am

    Tidak semua produk yg dicerca serta merta langsung bantet kaya nggoreng krupuk minyak kurang panas…
    Itu tergantung yg nggoreng…
    Bukti vega ZR dicerca sampai kehabisan kata kata toh gak kayak krupuk bantet…
    Kacang goreng magh iya…
    Laris manis.
    Gimana bro Fea?

  • 14. anton_ks  |  May 11, 2009 at 7:09 am

    menurut penerawangan saya… blog ini kedepan akan laris-maniz kayak blognya mas triatmono..
    @Fea
    orang berpendapat boleh2 saja dong, skr ini sudah jamannya bebas mengeluarkan pendapat …bahkan andapun boleh kok bikin blog tandingan… bebasss
    dan belum tentu orang2 ymki suka data2nya dibuka sedetil2nya spt diatas,cobalah berfikir lepas tanpa disertai keberpihakan.

    kalo masalah laku tidaknya yaa semua tergantung yg jualan…sepertinya anda teramat ketakutan bukankah berkali2 petinggi AHM bilang…. ‘kalau kita mau kita bisa’

    setuju sama pendapat bro Cabe merah, saat ZR keluar hampir semua orang berpendapat miring… bahkan di blognya Kangojek’s sampai bikin judul ‘Vega ZR, apa yang terjadi pada dirimu’ tapi buktinya ZR tetap aja laris
    @mbak sheila
    teruslah menulis & berkarya…. semangat!!

  • 15. anton_ks  |  May 11, 2009 at 7:13 am

    @Mbak Sheila
    sepertinya mbak salah tulis tuh di rekap bebek premiumnya…disitu ditulis
    TOTAL BEBEK PREMIUM (>100cc).. mungkinkah maksudnya
    TOTAL BEBEK PREMIUM (>125cc) ???

  • 16. sheila090782  |  May 11, 2009 at 12:52 pm

    @SkywaveR
    Jelas lebih banyak REVO, maklum motor ini adalah market leader disegmen LPM. Pada Bulan April 2009, penjualan Honda Revo mencapai 53.006 unit atau hampir 35% dari penjualan total AHM.

    Untuk semuanya,
    Tulisan yang gua buat objective banget dengan supporting data yang jelas. Mohon maaf kalau ada bagian yang menyinggung salah satu pihak. Yang jelas, ini semua untuk kebaikan konsumen kedepan.
    Kalau ada ATPM yang merasa produknya dikritik, saya rasa itu hal yang wajar untuk kemajuan mereka kedepan. Dengan kritikannya dari kita kita inilah inovasi produk mereka akan semakin briliant dimasa yang akan datang.
    Coba bayangkan aja kalau Vega ZR dan Blade tidak dicerca habis habisan, team marketing YMKI dan AHM santai santai aja kerjanya. Karena makin banyak cercaan inovasinya mereka dalam mengarap promosi semakin kreatif
    terima kasih

  • 17. SkywaveR  |  May 11, 2009 at 5:35 pm

    sheìla..
    Yup gue tau kenapa REVO laris manis.?
    soale klo di jawa (ng tau klo di luar) penjualan REVO didukung dg cara arisan motor. produk yg diambil sbg standar pasti biasanya adalah produk LPM honda, klo dulu FIT skrg jd REVO.
    arisan motor merupakan jalan terbaik bg orang yg pingin motor baru tp blm punya cukup uang tp ng berani kredit.
    di tempat saya aja ada byk yg menyelenggarakan.
    ada yg mau ikut? cuma 100rb per bulan.😉

  • 18. SkywaveR  |  May 11, 2009 at 5:43 pm

    @Fea
    U sebenernya salah klo bilang iklan di TV ngorbanin kesejahteraan karyawan.
    YMKI beriklan kan agar produknya laku shg pabrik jalan, karyawan tdk ada yg di PHK.
    Coba anda bayangkan jk anda karyawan LIPPO KYMCO ?
    …. ?😛

  • 19. jomblo ati  |  May 12, 2009 at 8:25 am

    weleh2 telat bakar2annya…😀

    dapet poin penting nih, selama ini jarang menempatkan diri disisi lessor. biasanya ya klo gak konsumen ya produsen, padahal ada jembatannya (lessor), dan penjualan motor sebagian besar emang dari kredit.
    poin yg sy dapat, ttg dp/angsuran murah dan resale value.

    pilih mio baru atau vario baru yah???
    *bener2 kesengsem ama skutik

  • 20. semakin di depan  |  May 13, 2009 at 1:47 am

    @fe a
    coba mari kita bayangkan wajah fe a skg pasti lagi merah padam, mungkin motor idamannya habis di kentutin yamaha hehehehehe

  • 21. sheila090782  |  May 13, 2009 at 1:58 pm

    “Orang bijak berbicara karena mereka mempunyai sesuatu untuk dikatakan, orang “nganggur” berbicara karena mereka ingin mengatakan sesuatu.” Plato (428-348 SM), filsuf Yunani Kuno

  • 22. Free Your Soul  |  May 14, 2009 at 5:15 am

    Buat Fe a,
    Aku pemakai motok H sejak tahun 90-an. Mulai Prima, Grand, Legenda, Mega-Pro, Teger (pertama kali keluar), sampai terakhir ini pake NSX 125DD. Tolong bilangin sama petinggi motor H, maka 20 tahun nggak bisa hilangin bunyi “cklek”saat ngoper gigi. Belum lagi cover body yang nggak ngpress. Belum setaon udah bunyi “preeekkkk”. Masih ada lagi. Cat honda itu kok cepat belel ya!!! Saya punya Mio Soul udah setahun setengah (10/98) yang dipake istri. Catnya masih kinclong. Tapi NSX 125 DD (01/09), kok keliatan belel/butek banget ya. Oh ya, belum satu bulan diservise, dibawanya udah gak enak. Kasar gitu !!!

    Kalau motor H bikin produk kayak begitu terus kualitasnya, so pasti ditinggalin.
    Kini jamannya kualitas. Bukan nama besar !!!

  • 23. Fe a  |  May 20, 2009 at 6:51 am

    Buat Free Your Soul pengetahuan yang ada di otaklo cman ada cat yang g belel yachhh… kcian banget…g ngeliat dari sisi efiseinsi bbm… Mio tu booooooooooorrrrrrooooooooooossss bgt…. iritin dulu tu bbm baru lo bisa mbacot…..n EgaRaditya lu babi ngepet looo dasar baru jadi bloger aj kemakine pooolll..

  • 24. SkywaveR  |  May 21, 2009 at 7:14 am

    Udah deh.. bakar2annya.
    kita sbg konsumen kita ambil untungnya aja.
    dg adanya kompetisi antar ATPM kan kita yg makin untung. ambil aja yg kita anggap paling baik dan cocok dg kita.
    gue aja,
    SMA di magelang > astrea grand
    kuliah di jogja > megapro ama vegaR
    skrg > Skywave ama HSX125.
    dan itu semua masih dipake di rmh. tambah punya adik vario.
    lengkap to..
    lg mikir2 produk india klo R15 ng keluar2.

  • 25. Matic..mania  |  May 22, 2009 at 9:45 pm

    Wuih seru2..panas oey;
    Yup aq setuju ma skywaver..d ambil yg enak aj..
    Klo co2k y pake aj toh..
    Emang pendapat orang beda2..ada yg mentingin bahan bakar..mentingin gaya..
    Klo aq sih bensin hemat dl.br gaya.krn klo boros.syg duitny oey.ndk bs d pake gaya.cmn abis buat motor doang..
    Pa lg zaman msh ndk jelas gini..bnyk perusahaan asal pecat aj..wih ngeri2..
    Buat ATPM..ayo berlomba bikin yg bagus..ntr konsumen yg memilihny🙂

  • 26. Fr1z  |  May 23, 2009 at 7:29 am

    weh… weh….
    ga disini ga disana … kalau bloger ngulas motor dah pasti langsung pecah perang deh ….

    dah nyantai aja lagi …. ga perlu banyak omong,
    toh semuanya bisa dibuktikan kalo di jalan…..
    yang punya honda monggo …. yamaha juga monggo ….
    suzuki juga ayo….. bajaj …. boleh …… tvs .. silahkan …
    minerva … oke aja….

    yang namanya mengulas yah sama aja memberikan berita dan pengetahuan kepada yang lain , toh walaupun tidak 100% akurat , tapi ga perlu panas gitu deh ….
    coba bayangkan kalo tiap orang menjadi panas diakibatkan pendapat orang lain berbeda dgn dirinya … wah bisa jadi negara kita perang terus neh ….he he he …

    tiap orang itu berbeda , baik sifat maupun pikirannya …
    jadi kalau ada perbedaan , yah wajar aja …
    yang penting gimana kita menyikapinya…
    ga perlu mencaci….. Tuhan menciptakan mulut kita bukan buat itu ,…. jadi bijaklah dalam menggunakannya….

  • 27. denju  |  May 25, 2009 at 7:15 am

    hallo penggemar Motor Babeh Babeh (HONDA) enggak usah kebakaran Jenggot lah , biar pun ente, pabrikan ente, atau blog penggemar motor JADUL ngejelekin YAMAHA , tetap aja YAMAHA Laku Karena emang YAMAHA Motor BAGUS, Baru Bermain beberapa tahun di mesin 4 tak ajah udah laku seperti ini apalagi kalo dari dulu…. mendingan penggemar motor Jadul (Honda) nikmatin ajah motor loh… enggak usah ngejelek2in.. lah udah nambah dosa Elu, ……… juga nggak ada manfaatnya… coi…….

  • 28. ase vixie  |  May 27, 2009 at 4:53 pm

    hehehe…
    temen2 jgn perang deh, g ada manfaatnya, yg diributin produk jepang, g ada kebanggaan deh, lebih baik mikirin bikin desain buat motor buatan negeri kita sendiri, BETUL G???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: