PENTINGNYA BRAND IMAGE DALAM INDUSTRI SEPEDA MOTOR

May 14, 2009 at 4:04 pm 11 comments

sandra dewiAnda tahu kan siapa dia? Dia adalah Dewi Sandra Dewi. Anda tahu karena kecantikannya bukan? Di dunia ini kecantikan bagai magnet yang menarik perhatian semua pihak terhadap pemiliknya. Dengan bekal ini pemiliknya dapat menuai banyak peluang yang ada, baik yang tertarik datang dengan sendirinya maupun yang sengaja dipikat. Pantas saja banyak wanita cantik dipinang oleh banyak orang kaya. Namun cantik fisik aja tidaklah cukup di jaman sekarang perlu juga dibarengi dengan inner beauty atau kecantikan batin, sikap dan perilaku. Nah kalau sekomplit ini yang antri sebanyak orang antri BBM haha..

Kecantikan dalam dunia usaha dapat kita samakan dengan Brand Image. Brand Image adalah intangible asset atau aset yang tak berwujud yang mampu membentuk suatu competitive advantage, suatu kekuatan pembeda yang mendukung value creation, tidak tergantikan, dan sulit ditiru.

Brand Image yang baik mendatangkan ganjaran yang tidak saja bersifat finansial berupa revenue dan profit tetapi juga dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan, menjadi bibit word of mouth yang dapat menarik pelanggan baru, dan dalam jangka panjang menjadi kunci untuk memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat.

Tidak heran jika Brand Image suatu perusahaan merupakan aset strategis, karena Brand Image dapat meningkatkan value dari perusahaan yang bersangkutan. Brand Image yang kuat membantu perusahaan tidak hanya dalam menjual produknya dengan harga yang menguntungkan, tetapi juga dalam menarik orang yang terlibat didalam perusahan untuk selalu memberi sesuatu yang “terbaik”.

Kecantikan dapat dibangun dan dipelihara, demikian pula halnya dengan Brand Image. Kecantikan sejati terpancar dari dalam diri pemiliknya (inner beauty), demikian pula Brand Image sejati terefleksikan dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Saat keadaan memaksa perusahaan untuk berubah, tidak sedikit perusahaan dalam mengelola Brand Image-nya hanya dengan perubahan di permukaan kulit saja. Padahal perubahan kosmetik misalnya penggantian stripping produk semata tidak akan berarti banyak. Pengelolaan Brand Image, apalagi bagi perusahaan yang mengalami masalah penurunan penjualan karena kompetisi, membutuhkan perubahan yang fundamental dalam satu proses yang terintegrasi.

Forwot%20Award%20Vixion2Brand Image yang kuat dibangun dari tindakan operasional sehari-hari yang konsisten dengan tata nilai perusahaan, tidak cukup satu gebrakan saja. Diperlukan segmentasi dan penentuan skala prioritas untuk membidik konsumen yang secara kritis mempunyai dampak yang tinggi (high impact), misalnya influencer yang dapat merubah opini. Untuk menjembatani perusahaan dengan konsumennya tentu saja dibutuhkan komunikasi yang proaktif dan terencana dengan baik.

Memberikan nilai tambah yang disertai dengan efek kejut, layanan yang prima, dan hubungan baik yang selalu terjaga dapat berasosiasi pada “preferred choice” kepada konsumen. Hubungan yang baik tercipta melalui transparansi dan konsistensi yang membentuk kredibilitas, menimbulkan kepercayaan dan respek konsumen. Ditopang oleh tanggung jawab yang dijunjung tinggi serta komunikasi yang tepat, elemen-elemen ini akan sangat bernilai bagi terbentuknya Brand Image yang baik

Hal diatas “wajib” dilakukan oleh para ATPM jika ingin tetap eksis ditengah persaingan yang semakin ketat. YMKI telah membuktikan brand image “Yamaha” cukup mampu melumpuhkan dominasi “Honda” yang telah menguasai pasar sepeda motor nasional selama 30 tahun berkat terkonsistenan manajeman YMKI dalam menjalankan proses yang terintergrasi untuk membentuk Brand Image yang kuat. Hasilnya mulai dinikmati sekarang …

Siapa yang mau menyusul atau memang yang lain semakin ketinggalan ….

Entry filed under: motor. Tags: , , .

GAJI MAMA BERAPA SIH YAMAHA LAGI?

11 Comments Add your own

  • 1. arie slight  |  May 14, 2009 at 5:10 pm

    Itu Sandra Dewi Mbak….

  • 2. At0z  |  May 14, 2009 at 7:45 pm

    Ayo sing p0d0 nduwe usaha d0d0lan..diw0c0 yo ben d0dolane is0 laris

  • 3. triatmono  |  May 14, 2009 at 8:16 pm

    @sheila
    Brand Image itu memang mempunyai dampak positif… !!! Bahkan di salah satu buku… disebutkan bahwa… brand otomotif dari jerman M.. itu begitu kuat dampaknya… sehingga batu bata pun.. jika ditempel merk M… bakalan laku… gitu kira-kira kiasannya… !!!

    Naagh… jangan lupa… brand image baru ada harganya… jika memang produk itu… selalu membuat konsumen puas… !!! Puas ini bermacam-macam… puas karena inovatifnya, puas karena valuenya.. puas differensiasinya… !!!

    Sebut saza Ducati… jika jacketnya dibuat dari Dainese… harganya bakalan beda jauh… dibandingkan dengan merk Dainese… padahal bahan sama… relatif ndak beda.. !!! Thuz bedanya itu.. yaagh di nama nya… !!! Tapi ingat.. apa yang dilakukan Ducati… ??? Sebut saza productnya Monster… hampir berkala terjadi perubahan engine… hampir berkala terjadi perubahan model… walaupun bentuk monster gitu-gitu aza… !!!

    So… jika diumpamakan… Dewi Sandra… bisa ngetop.. yaagh pertama dari kecantikannya… Tentu saza ada usaha untuk memaintain hal tersebut… !!! But nomer satu yaagh kudu cantik itu… kemudian ada usaha (istilahnya porter supporting activities red.)… agar kecantikannya dikenal… !!! Setelah punya nama.. yaagh tetep harus memaintain hal tersebut… jika tidak memaintain… terus keriput.. cepet tuwa.. yaagh brand image.. akan otomatis… pudar… !!!πŸ˜€

  • 4. SkywaveR  |  May 14, 2009 at 10:49 pm

    Blog ini jg bakalan laris, lha wong brand image nya jg wanita cantik.. πŸ˜‰
    ya kan mas 3 ?

    lain klo sama blognya mb jombloati..
    he..he… πŸ˜›

  • 5. SkywaveR  |  May 14, 2009 at 10:54 pm

    Sandra Dewi > perawan cantik
    Dewi sandra > bentar lagi janda 2x
    kasian, mbok ama gue aja ya.
    kita bakalan bahagia selamanya..πŸ™‚

  • 6. mig 29  |  May 15, 2009 at 12:38 am

    brand image harus dibentuk dan dijaga, kalau brand image sudah rusak maka akan butuh waku lama untuk pulih lagi…..
    Dari kasus ymki yang berhasil menanamkan brand image kita bisa belajar. pada thn 2000an awal sempat diperingkat tiga hingga jadi pesaing dekat dan menyalip ( walau untuk beberapa bulan dith 2008 dan disemester awal 2009) dengan inovasi, dan strategi.

    atau kawasaki yang sedang membangun image, saya rasa akan bisa terasa dalam jangka min 2-3th efeknya…

    dan juga gaimana ahm sama suzuki yang sdang memulihkan image..

    nb. mbak coba ilustrasi jangan yamaha sentrik entar ada marah lho, dikira corong atau antek..
    hehehe piss

  • 7. jomblo ati  |  May 15, 2009 at 6:58 am

    @skywafer
    maksudloe apa hah…??? belom pernah ditabokin banci ya???πŸ˜†

  • 8. 4dw4rds  |  May 15, 2009 at 7:27 am

    wah gak sengaja abis nemu sandra dewi.. http://cantik-indo.blogspot.com/2009/04/sandra-dewei-quicki-express.html

  • 9. SkywaveR  |  May 15, 2009 at 10:06 am

    @mb jomblati
    idih takut…
    jgn ah..

    (ko malah ngaku klo banci…πŸ™‚ )

  • 10. jon back  |  January 11, 2010 at 3:51 am

    aqu mu jdi pndmpg kmu

  • 11. jon back  |  January 11, 2010 at 3:52 am

    aqu pgn jdi pndmpg km

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: