KOK ADA YANG GAGAL? APA PROSESNYA SALAH? (BAGIAN 1)

May 24, 2009 at 3:22 pm 7 comments

honda-cs11Proses pengembangan Sepeda Motor baru oleh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) selalu menarik untuk disimak dan tentunya senantiasa ditunggu tunggu. Seperti proses melahirkan seorang bayi, pengembangan Sepeda Motor baru oleh ATPM merupakan tahapan proses yang penuh dengan tantangan dan berisiko tinggi. Pertanyaannya apakah produk yang dilahirkan akan sukses diterima oleh konsumen? Buktinya banyak produk baru ATPM yang disanjung sanjung diawal peluncurannya justru mengalami penjualan yang “mengecewakan”, contohnya ….. (diisi sendiri deh supaya tidak terjadi “perang” alias gue netral deh. Soalnya tidak ada ATPM yang luput dari hal ini).

Karena begitu berisikonya, proses pengembangan Sepeda Motor biasanya akan melibatkan konsumen. Secara umum proses pengembangan Sepeda Motor baru selama ini melalui berbagai tahap. Tahapan-tahapan pengembangan Sepeda Motor baru yang biasa dilakukan oleh ATPM adalah sebagai berikut:

hal04-05-ymh05-vega-zr-298x300Tahap awal adalah “Discovery” yang meliputi Idea Generation and Screening. Pada tahap ini biasanya dimulai dari studi pasar terkait dengan tren pasar, identifikasi perilaku konsumen, dan eksplorasi kebutuhan konsumen. Karena itu di fase ini peran riset pasar sangat menentukan. Riset pasar yang paling sering digunakan adalah riset konfensional seperti focus group discussion dan survei melalui questioner. Dari berbagai ide dasar yang didapatkan dari tahap idea generation kemudian akan disaring untuk mendapatkan ide yang relevan dengan Sepeda Motor yang akan di kembangkan.

Tahap berikutnya adalah “Development” yang meliputi Concept and Product Testing. Pada tahap ini tim R&D mulai menyusun berbagai alternatif konsep Sepeda Motor yang akan diluncurkan termasuk fitur dan value added yang akan didapatkan oleh konsumen, di mana alternatif konsep tersebut akan diuji kepada konsumen untuk mengetahui tingkat penerimaan konsumen terhadap berbagai alternatif konsep Sepeda Motor. (catatan: ATPM yang ada di Indonesia sering mengambil “konsep” dari teman pabrikan yang sama diluar negeri seperti Thailand makanya tak heran kalau produknya kadang 80% dijiplak konsepnya).

Tahap terakhir adalah “Commercialization” yang meliputi Product Launch and Evaluation. Setelah ATPM memutuskan Sepeda Motor yang akan diluncurkan, maka tahap ini adalah tahap yang paling krusial karena di tahap inilah ATPM akan mulai memperkenalkan dan mengomunikasikan Sepeda Motor tersebut ke pasar.

Kalau diperhatikan proses pengembangan Sepeda Motor yang ada di Indonesia sekarang, melalui proses yang tergambarkan di atas dimana ATPM memegang “faktor kendali” yang paling sentral. Semua proses pengembangan Sepeda Motor baru masih dikendalikan oleh ATPM, sementara konsumen ditempatkan sebagai subjek yang hanya dimintai opini terhadap produk tersebut. Inilah yang kemudian disebut sebagai Traditional New Product Development (NPD).

Hal diatas saya nilai wajar mengingat rata-rata Sepeda Motor yang diluncurkan di Indonesia hanya “dijiplak” dari model-model atau fitur-fitur yang selama ini telah diluncurkan diluar negeri khususnya Thailand yang selama ini menjadi trend setter industri Sepeda Motor Di Asean.

Kelemahan dari proses diatas adalah konsumen dalam menjawab questioner kadang “terkesan” telah diarahkan pada opini tertentu. Maklum kebanyakan questioner yang diajukan kebanyakan dalam bentuk multiple choice, dimana alternatif jawaban kadang sudah tersediakan. Seorang kawan dibagian survey bercerita bahwa questioner sengaja dibuat multiple choice karena kalau dalam bentuk essay, banyak pertanyaan yang tidak diisi. Alasannya, orang yang disurvey tidak punya ide untuk menjawab oleh karenanya dibutuhkan bantuan pilihan, repot !!!! Gimana mau mendapatkan produk yang betul betul berkualitas dan menghasilkan penjualan yang WOWWWWWWWWWW kalau caranya begini

Entry filed under: motor. Tags: .

JUPITER Z MAU DIAPAKAN? KOK ADA YANG GAGAL? APA PROSESNYA SALAH? (BAGIAN 2)

7 Comments Add your own

  • 1. zipx  |  May 24, 2009 at 5:07 pm

    Mungkin produk yang dikeluarkan tidak sesuai dengan mindset konsumen kali bro…..
    cheers……

  • 2. SkywaveR  |  May 24, 2009 at 11:05 pm

    mungkin ATPM harus memperkerjakan ki joko bodo ato mama laurent, biar tau model macam mana yg akan laris, atau..
    ngrubah slogannya jd ‘Kutahu yg kau mau’,
    jgn hanya bilang unggul ato terdepan aja.😉
    #2 .. lumayan.

  • 3. Cabe merah  |  May 25, 2009 at 12:16 am

    V-ixion lahir dari survey esay.
    Produknya persis seperti suara mayoritas.
    Deltabox,150 cc,liquid cooled,harga.
    So lihad hasilnya.

  • 4. 4dw4rds  |  May 25, 2009 at 2:19 am

    motor sport yg gak nanggung kyk model Aprilia / Mito dg harga Ninja RR pasti laris manis hehe…

  • 5. 4dw4rds  |  May 25, 2009 at 2:25 am

    mungkin bagian R&D ATPM perlu me recruit “bengkel modif” yg notabene tau selera modif bikers.. kyk bank yg recruit mantan hacker u/ menangani masalah keamanan jaringan mereka..
    🙂

  • 6. beta  |  May 25, 2009 at 6:45 pm

    last….
    masih bagusan cs-1 gak nyontek terus dari r ‘n d thai..
    jahhh yamaha mah jauh kemana2
    ngikut atasan terus pak dino sampe’ bingung mau begini eh.. gak boleh mau begitu alah takut begono begini dll
    (no offense yup)

  • […] 27, 2009 Berlawanan dengan traditional innovation yang telah gue bahas sebelumnya (BACA: KOK ADA YANG GAGAL? APA PROSESNYA SALAH? BAGIAN 1), banyak perusahaan-perusahaan diluar industri Sepeda Motor sekarang yang telah bergerak ke […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: