HONDA KEMBALI KE TAHTA … NAMUN JARAK MASIH DEKAT

June 4, 2009 at 3:39 pm 10 comments

qnqm8xSetelah mengalami penurunan pada bulan April 2009, pasar sepeda motor nasional pada Mei 2009 kembali meningkat 18% menjadi 455.132 unit, dibandingkan dengan posisi April 2009 yang tercatat hanya 385.606 unit.

Hal ini tentu jauh berbeda dengan kondisi penjualan pada bulan Mei 2008 yang mencapai 542.110 unit. Dengan hasil ini Penjualan Sepeda Motor selama 5 bulan pertama tahun ini telah turun 18% menjadi 2.057.427 unit, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 2.511.597 unit.

Kenaikan penjualan selama bulan Mei tidaklah mengherankan mengingat dimulainya musim panen disejumlah daerah yang juga ditunjang dengan membaiknya harga komoditas. Selain itu, meningkatkan peredaran uang di masyarakat menjelang Pilpres menjadi sentimen positif bagi pasar sepeda motor sepanjang Mei ditambah lagi dengan suku bunga kredit kendaraan motor yang cenderung menurun.

Untitled-1AHM berhasil merebut kembali posisi teratas di pasar sepeda motor domestik yang pada APril jatuh ke tangan Yamaha. Honda membukukan angka penjualan motor sekitar 208.266 unit pada bulan Mei kemudian disusul Yamaha yang hanya terpaut 1.274 unit yakni 206.992 unit. Di posisi ketiga tetap ditempati oleh Suzuki dengan penjualan sebanyak 36.074 unit.

Dengan telah mengeluarkan 2 produk terbarunya yaitu Absolute Revo dan Blade, AHM untuk sementara berhasil unggul 12.951 unit atas YMKI. Melihat hasil tersebut, saya melihat persaingan akan semakin ketat di bulan berikutnya. Apalagi kedua ATPM tersebut diperkirakan akan kembali mengeluarkan “senjata” terbaru mereka di semester kedua tahun ini. Sebut saja AHM yang berencana meluncurkan skutik, AirBlade. Yamaha rumornya tidak mau ketinggalan, kabarnya mereka akan mengeluarkan 4 varian terbaru pada semester kedua, yaitu Jupiter Z versi baru, 2 Varian Motor Sport dan 1 Varian skutik.

Apalagi hasil diatas hanya merupakan versi AISI alias penjualan yang merupakan pengiriman dari Pabrik ke Dealer yang tidak semua dapat diserap oleh pasar. Jadi siapa “real leader” sulit untuk ditentukan dalam kondisi seperti ini.

Terlepas siapa “real leader” dalam industri Sepeda Motor, saya melihat AHM dan YMKI melakukan “effort” yang sangat luar biasa dalam mengejar tahta khususnya disegmen low price model. Dimana Honda mengandalkan Absolute Revo dan Yamaha mencoba menahan laju Revo dengan mengandalkan Vega ZR.

Bulan Mei, saya melihat dealer Honda melakukan campaign hadiah TV LG 21″ untuk setiap pembelian Honda Absolute Revo. Subsidi yang selama ini menjadi andalan berusaha “dihilangkan” dengan menganti subsidi dengan hadiah TV. Efektifkah hasilnya ??? Belum ada data yang dapat menunjang analisa tersebut (nanti kalau sudah punya akan saya bahas). Cuma disini saya lihat telah ada kemauan AHM untuk mengubah Brand Image mereka, Berhasilkah ?? Dari pantauan saya dilapangan ternyata masih banyak dealer yang menganti hadiah TV 21″ dengan subsidi, katanya sih mengikuti kemauan konsumen. Daripada tidak jualan mending kasih subsidi khan uang muka buat konsumen bisa lebih ringan.

hal04-05-ymh05-vega-zr-298x300Bagaimana dengan Vega ZR ?? Iklannya bertebaran di TV, sampe bosan dech gua lihat. Hadiahnyapun sampai 100 unit Vega ZR lho ……. Tidak cukup itu saja, Setiap dealer Yamaha diharuskan mempunyai minimal dua duta Vega ZR untuk mempromosikan Vega ZR kepada masyarakat yang belum mempunyai Vega ZR dengan cara test ride. Karena peran duta sangat penting makanya “insetif” dari dealer yang berupa merchadising Yamaha lumayah lho …. Itu saja ??? Masih ada lagi … Beberapa Minggu ini setiap akhir pekan Yamaha mengadakan Funtastic Yamaha disejumlah kota ditanah air. Acara yang dikemas cukup heboh ini digunakan sebaik baiknya untuk mengangkat brand images Vega ZR. Penataan panggung untuk Vega ZR cukup wow … ditambah ada program khusus pembelian Vega ZR. Hasil cukup fantastic …. (data leasing lho jadi objektif).

Begini dulu ulasan saya, kalau ada yang lain akan saya ulas di tulisan saya selanjutnya, selama berjuang ATPM ………….

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , , , , , , .

TOLONG HORMATI KAMI, MALAYSIA !!!! MEMBANGUN BRAND IMAGE LEWAT LAYAR TV

10 Comments Add your own

  • 1. jomblo ati  |  June 4, 2009 at 3:58 pm

    ckckck… bagus lah… kompetisi pabrikan mudah2an akan menguntungkan konsumen. abis di indonesia persaingannya itu-ituuuu aja…
    contoh saja, menurut bro arie sesat, di jerman customernya dikit, pabrikannya ada 60… nah lo bayangin daah… gimana gak sikut kanan banting kiri tuh…

    saat yang tepat ngeluarin produk anyar saya kira adalah setelah ribet tahun ajaran baru anak sekolah… liat aja tuh di pegadaian, dah mulai rame. abis itu baru deh, dijamin joss… mana menjelang lebaran lagi… beuh…

    tapi kayaknya yang menang bakalan yg megang pasar skutik, skutik lagi naik daun boo…

  • 2. anton_ks  |  June 4, 2009 at 6:06 pm

    sampai dng pertengahan bln …gw dah prediksi bhw market share akan diambil kembali oleh honda.
    tp pentingkah market share??.. buat atpm pasti jawabannya YA.
    tp bagi dealer blm tentu, kebanyakan dr mereka malah bilang nggak penting tuh angka2 tsb.. buat apa menjadi nomor satu kalo stok di dealer numpuk, berapa duit yg mandeg bahkan ada yg rasio stoknya ampe angka 2… wuihhh sungguh berattttt
    demikian jg dr dealer kompetitor rata2 mereka bilang buat apa jualan banyak tp profitnya dikit mending 1-2 th lalu 70% lebih penjualannya via leasing… coba itung sendiri berapa keuntungannya.
    .
    mbak sheila kapan sih motor sport baru yamaha keluar? .. bisa kasih bocoran nggak?

  • 3. SkywaveR  |  June 4, 2009 at 9:43 pm

    juni juli ini menurut wangsit penjualan jg bakal naik dgn pembelian motor buat anak krn naik kelas.
    gimana nih suzuki..?
    apa yg mau dikeluarin semester dua bsk..?
    motor sport dg mesin FU…
    motor sport dg mesin matic…
    that is i hope.😉

  • 4. arie sesat  |  June 5, 2009 at 2:55 pm

    wah nama ijk ada yang manggil2.. ijk datang kalna diundang, sekalang you olang jomblo ati mesti antal ijk pulang hihihi
    (jelangkung mode on)

  • 5. jomblo ati  |  June 6, 2009 at 2:08 am

    xixixi…
    gw br tau ada jelangkung babah holiang…😀

  • 6. anton_ks  |  June 7, 2009 at 5:19 am

    @as
    jelangkung 2…. dulu tewas knp? dikecewain jomblo ati ya…. hehehe

  • 7. indie  |  June 8, 2009 at 3:52 am

    mba sheila,..
    i love ur writing,..
    kebetulan saya juga pemerhati perkembangan sepeda motor di indonesia,.
    data2 yg disajikan jg akurat,.
    dont stop what ur doin,.. keep on going mbak
    sukses terus

    btw data2nya dapat darimana mba?
    mba sheila member aisi kah??

  • 8. arie sesat  |  June 8, 2009 at 11:01 am

    @anton_ks: yu olang ikut panggil2 oe, sekalang yu juga halus bayal… selibu eulo aja buat mudik

  • 9. sheila090782  |  June 8, 2009 at 2:56 pm

    @indie
    Kebetulan leasing tempat saya bekerja tersedia data tersebut untuk kepentingan analisa pasar. Jadi tidak ada salahnya saya berbagi toh tidak ada data yang patut dirahasiakan
    terima kasih

  • 10. Januar  |  June 16, 2009 at 3:25 pm

    Terus update ya..
    Saya tunggu yg trbaru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: