MEMBANGUN BRAND IMAGE LEWAT LAYAR TV

June 6, 2009 at 4:15 pm 1 comment

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya yang berjudul “PENTINGNYA BRAND IMAGE DALAM INDUSTRI SEPEDA MOTOR”, kali ini saya akan membahas “cara jitu” ATPM menggunakan siaran televisi sebagai media untuk membangun Brand Image mereka. Televisi dianggap oleh ATPM memegang peranan penting untuk memperkuatkan Brand Images mereka mengingat siaran TV ditonton jutaan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke apalagi siaran TV yang ratingnya “tinggi”.

REVOKalau kita menonton TV, iklan sepeda motor apa yang termasuk paling sering muncul? Semua pasti setuju kalau saya menjawab Iklan Honda dan Yamaha. Bahkan, untuk iklan Yamaha Vega ZR sendiri dibuat sampai lebih dari lima versi. Dengar lagu “Nidji” teringat dech Honda Absolute Revo … Dengar iklan Indomie teringat …………. (hehe nanti dikirain gue kampanye untuk capres tertentu)

Tidak hanya “menginvestasikan” duit lewat iklan di TV, Kedua ATPM tersebut bahkan gencar mensponsori acara-acara yang menarik di TV. Tentu kita masih ingat setiap tahunnya Honda mensponsori acara yang ditayangkan di RCTI yaitu “Indonesia Idol”. Selain itu beberapa acara konser musik dan hiburan disponsori oleh Honda, misalnya acara Democracy music award yang minggu lalu ditayangkan di SCTV.

Miss-Indonesia-2009Yamaha lebih “ganas” lagi untuk hal membangun Brand Image melalui Televisi. Setiap tahunnya Yamaha tidak ketinggalan mensponsori Acara Miss Indonesia yang untuk tahun ini dimenangkan oleh Karenina Sunny Halim. Biar biayanya besar yang penting dapat memperkuat brand image MIO sebagai Inspirasi Wanita Indonesia. Yamaha juga sekali-kali muncul diacara Bukan Empat Mata yang dibawakan oleh Mas Tukul, membagi bagi hadiah berupa Vega ZR pada acara KDI 6. Dan tentu yang tidak bisa dilupakan adalah tayangan MotoGP yang disiarkan di Trans7 yang senantiasa “diramaikan” dengan Iklan Jupiter MX versi Valentino Rossi.

Berapa sih ATPM menghamburkan uang untuk hal diatas? Saya tidak punya data yang akurat. Namun, versi AC Nielsen menyebutkan Yamaha dan Honda mengeluarkan ratusan milliar rupiah untuk belanja di berbagai stasiun TV di Indonesia.

Kok mau ATPM mengeluarkan uang sebanyak itu? karena ATPM tersebut yakin jika Brand Image yang baik akan mendatangkan ganjaran yang tidak saja bersifat finansial berupa revenue dan profit tetapi juga dapat mempertahankan kesetiaan pelanggan, menjadi bibit word of mouth yang dapat menarik pelanggan baru, dan dalam jangka panjang menjadi kunci untuk memenangkan persaingan bisnis sepeda motor yang semakin ketat.

KCB_wallpaper01 editTidak puas hanya mensponsori acara di televisi, Yamaha membuat gebrakan baru berupa mensponsori film “Ketika Cinta Bertasbih” yang dapat ditonton mulai tanggal 11 Juni 2009 dibioskop kesayangan anda di delapan negara yakni Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Australia, Hongkong, Taiwan, dan Mesir.

Film “Ketika Cinta bertasbih” ini terinspirasi dari Kesuksesan film Ayat-Ayat Cinta yang diangkat dari novel Habiburrahman El Shirazy. “Ketika Cinta Bertasbih” ini berkisah tentang seorang pemuda Jawa yang kuliah di Universitas Al Azhar. Untuk membiayai kuliahnya, pemuda bernama Chairul Azzam tersebut bekerja sambilan, yakni menjadi pembuat tempe dan sesekali menjadi tukang masak panggilan. Selain kegigihannya menyelesaikan kuliah sekaligus menghidupi keluarga, alur cerita “Ketika Cinta Bertasbih” juga sarat dengan kisah romantis yang mengantarkan Azzam menemukan jodohnya.

Untuk cerita lengkapnya, jangan lupa mampir ke bioskop kesayangan anda mulai 11 Juni 2009. Jangan lewatkan film yang dibintangi oleh Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, Alice Norin, Andi Arsyil Rahman, dan Meyda Sefira …. Kalau tidak punya uang mungkin bisa minta sponsor dari dealer Yamaha, maklum untuk iklan film ini dapat kita temukan didealer dealer Yamaha lho …

Wah … Berapa yah dana yang harus dikeluarkan untuk yang satu ini ??? YANG PENTING BRAND IMAGE KALI ….

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , .

HONDA KEMBALI KE TAHTA … NAMUN JARAK MASIH DEKAT YMKI “AKUI” AKAN KELUARKAN MOTOR TERBARU

1 Comment Add your own

  • 1. SkywaveR  |  June 6, 2009 at 6:28 pm

    Dari motor ke film..😉
    emang TV kan media audio visual. mata melihat telinga mendengar jd otak lebih mudah menangkap apalagi klo icon dlm iklan seseorang yg unik.
    macam budi anduk.
    gue usul untuk iklan new mio pake aja manohara.
    sukses dah..
    #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: