PREDIKSI PENJUALAN SEPEDA MOTOR MENJELANG LEBARAN

June 22, 2009 at 1:13 pm 22 comments

Krisis ekonomi yang masih melanda industri otomotif, tak bisa dipungkiri mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap penjualan sepeda motor. Dalam 5 bulan pertama tahun ini, telah terjadi penurunan sekitar 18%, yang mencapai 2.047.427 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 2.511.597 unit.

Pada semester kedua nanti, terutama selepas liburan sekolah, penjualan sepeda motor saya prediksikan akan kembali mengalami kenaikan karena faktor gaji ketiga belas Pegawai Negeri Sipil (PNS), panen raya dibeberapa daerah di Indonesia dan faktor lebaran. Tidak heran kalau ATPM saat ini sedang mempersiapkan strategi untuk meningkatkan penjualan mereka sekaligus merebut untuk menjadi market leader.

YMKI dikabarkan akan memaksimalkan kapasitas produksi mereka diatas 250.000 unit pada bulan Juli dan Agustus nanti. Adapun sepeda motor yang mengalami peningkatan produksi yang cukup signifikan adalah Yamaha Mio. Hal ini saya anggap wajar mengingat Yamaha Mio saat ini menjadi market leader dikelas Matik dan dibeberapa daerah skutik yang satu ini masih harus indent. YMKI juga akan mempush penjualan lewat berbagai aktivitas dan promosi dengan tema 35 tahun Yamaha bersama masyarakat Indonesia, aktivitasnya seperti apa akan saya bahas ditulisan saya yang akan datang. Sekedar tambahan aja, YMKI dikabarkan akan melakukan facelift pada Mio dan mengeluarkan produk baru mereka diawal semester kedua ini.

Catatan stok YMKI secara nasional masih normal, menurut pengamatan saya ada dikisaran satu bulan stok. Artinya, Produksi YMKI pada bulan Juli dan Agustus 2009 akan mampu terserap oleh dealer apalagi Yamaha Mio akan di produksi banyak banget ……..

Bagaimana dengan Honda? Banyak dari kita menyangsikan Penjualan Honda pada lima bulan pertama tahun ini. Dengan hanya terpaut 12.951 Unit dari Yamaha wajar kalau keadaan sekarang dapat dikatakan sama kuat. Siapa “the real winner” akan ditentukan dari penjualan selama Juli dan Agustus 2009 …. Kalau memang stok Honda sudah banyak saat ini seperti yang banyak ditulis oleh rekan rekan blogger, AHM akan kewalahan menahan laju Yamaha yang diprediksikan akan mengenjot produksinya diatas 250.000 unit. AHM akan sanggup menahan laju Yamaha kalau stok mereka didealer dalam posisi yang normal saat ini.

Selain itu, AHM harus benar benar menyiapkan strategi yang jitu agar penjualan Absolute Revo dapat melejit jauh meninggalkan Vega ZR. Karena saya memperkirakan Yamaha MIO akan tampil gemilang pada bulan Juli dan Agustus ini, mengalahkan Beat dan Vario.

Akhirnya, saran saya bagi ATPM adalah jangan terlalu memaksakan diri hanya demi Market Share, Ingat masa depan terbentang luas didepan dan masih banyak kesempatan untuk mencapainya

Entry filed under: motor. Tags: , .

SKUTIK MINERVA LAIN DARI PADA YANG LAIN RENUNGAN DI PEKAN KESELAMATAN NASIONAL

22 Comments Add your own

  • 1. Icaq's  |  June 22, 2009 at 1:52 pm

    Analisis yg masuk akal, mbak Sheila. Jd selama ini Honda menumpuk stok di dealer demi mengejar market share. Sungguh pemasaran yg kurang sehat menurut saya. Karena pihak dealer/leasing akan jor2an dlm menjualnya. Jangan2 mengorbankan margin keuntungan yg diperoleh demi terjualnya produk itu. Dengan memperbanyak diskon atau angsuran ringan. Emang sih bagi konsumen itu yang diharapkan.

  • 2. SkywaveR  |  June 22, 2009 at 3:01 pm

    ..

  • 3. sheila090782  |  June 22, 2009 at 3:34 pm

    @ICAQ
    Saya masih belum berani ngomong kalau selama ini Honda menumpuk stok di dealer demi mengejar market share. Saya baru berani ngomong begini kalau hasil setelah lebaran keluar dan ternyata Honda kalah dari Yamaha.

    Pada intinya begini, YMKI akan Jor Joran Produknya selama dua bulan ini yakni Juli dan Agustus. Kalau memang stock Honda kurang didealer berarti Honda secara langsung berani head to head dengan Yamaha saat itu.
    Namun, kalau saat ini saja Stock menumpuk, gimana mau head to head pada saat itu … Masa mau dibiarkan seperti air meluber sampai banjir ….

    Kalaupun terjadi head to head AHM harus memaksimalkan penjualan Absolute Revo karena di segment matic pasti mudah dilibas Yamaha dengan tambahan pasokan Mio ke Pasar. Maklumlah Mio adalah pioner motor Matic di Indonesia (Ingat tag line Mio Otomatis Duluan ….).

  • 4. 46-19  |  June 22, 2009 at 5:13 pm

    awal semester dua tu tepatnya kapan y mbak?trus kira2 yg kluar ap dulu new jupiter z ato motorsport pendamping vixi?ditunggu infonya

  • 5. hadi  |  June 23, 2009 at 2:03 am

    kekurangan pertama pada honda beat & vario adalah bunyi elektrik stater yang”bletak!!” kenceng banget sehingga bagi yg pertama kali denger pasti kaget. (bitulah kata beberapa pemakai matik honda).
    sedangkan mio lebih halus. maka pantaslah matik honda masih dibelakang. walau dijejali berbagai fitur sekalipun tp kelemahan pertama tdk diperbaiki!!

  • 6. X125  |  June 23, 2009 at 4:08 am

    Salam kenal mbak SheilaπŸ™‚

    Wah, saya angat setuju sekali nih sama analisanya…mantap dan akurat. Terlebih lagi utk closingnya:

    “Akhirnya, saran saya bagi ATPM adalah jangan terlalu memaksakan diri hanya demi Market Share, Ingat masa depan terbentang luas didepan dan masih banyak kesempatan untuk mencapainya.”

    Dari sudut pandang seorang konsumen motor seperti saya, CSR dari para vendor dan ATPM sangatlah penting…jangan asal mikir untung aja!
    Ngomong2 soal itu, ada info dari Yamaha Jatim nih:
    dalam rangka mendekatkan diri dengan para konsumen dan pengamatnya, yamaha meluncurkan blog ofisial Yamaha & friendS tanggal 26 Juni. Para blogger yg berminat bisa dapatkan undangan sebelum tanggal 25, buruan ya.
    Sampai ketemu di acara!

    X125

  • 7. sheila090782  |  June 23, 2009 at 9:58 am

    @ 46-19
    Kemungkinan yang lebi duluan keluar adalah motor sport yang akan menemani Yamaha Vixion. Kalau Jupiter Z tungu kehadirannya setelah lebaran. Begitulah info yang saya terima dari sumber yang layak dipercaya

  • 8. SkywaveR  |  June 23, 2009 at 11:37 am

    R15…?
    R125…?
    YBR…?πŸ™‚
    sbelum lebaran..?
    bener…?πŸ™‚

  • 9. Yamaha_pancen_oyee  |  June 23, 2009 at 6:18 pm

    Wah kalo semester 2 ini Yamaha bisa unggul dan Honda kebingungan karena kelebihan stok, berarti benar dong salah satu komen di blog sebelah yang lebih memilih YMKI sebagai best strategy 2008, beda pendapat dg pemilik blog yang lebih memilih AHM.

    Strategi YMKI memang jitu, berpikir jangka panjang. Taktiknya mantap, semua aspek sudah dipikirkan dan disinergikan. Top lah!!!

    Gak rugi saya kena racun dari teman-teman komunitas Vega R. Dulu saya make HSX125, sebelumnya Supri. Waktu diboncengin sama teman yang make Vega R, dia tantangin: coba perhatikan dan dengerin suara motor-motor yang nyalib. Tiap motor H nyalib suara mesin, knalpot & sayup-sayup suara sumbang dari getaran plastiknya kedengaran. Tapi kalo motor Yamaha yang lewat, yang kedengaran cuma suara knalpot + sayup-sayup suara mesin.

    Duduk diposisi boncenger juga gak dengar suara mesin hanya suara knalpot. Beda dengan kalo jadi boncenger HSX125, suara mesin dari depan juga kedengaran…

    Akhirnya karena gak tahan godaan, HSX125 dilego trus ganti Vega R. Hmmmmm…ya gitu deh…puaassss…

  • 10. Topan  |  June 24, 2009 at 1:59 am

    Bung Hadi – Bunyi keras pada starter elektrik di matic Honda itu disebabkan oleh gir penonjok starter elektrik.Jadi disaat digunakan gir itu akan bergerak kedepan dan memutar mesin, lalu akan kembali ke posisi semula setelah mesin menyala. Sistem ini lebih baik daripada gir starter elektrik yang menempel permanen pada engine, karena apabila posisi permanen ketika mesin berjalan justru membebani kerja mesin. Ujung2nya matic honda jauh lebih irit dibandingkan mio. Lagipula sampai saat ini jarang sekali ditemukan kerusakan pada mekanisme starter pada matic honda walaupun bunyinya keras (kan udah dipikirkan….. hehehe)

  • 11. At0z  |  June 24, 2009 at 7:29 pm

    Gag suka h0nda..
    Skanya yamaha..
    tp belinya suzuki smash…
    Org yg aneh,,

  • 12. proud2ride  |  June 25, 2009 at 2:44 am

    hmm………..gitu ya, yang penting semua ATPM bermain secara fair aja deh, gak usah pake ngibulin konsumen maupun calon konsumen dengan “kebohongan publik” biar makin OK, kita sebagai konsumen yang penting dapet produk terbaik dengan harga yang rasional, dan gak usah maksa-maksain buat jd no.1 kalo whole sale-nya dipaksain, kasihan tuh dealer2 kebanyakan stock, gue juga pernah lewat di pinggir jalan ke arah priok deket semper ada truk2 pengangkut penuh muatan motor matik baru pada parkir dibawah terik matahari berhari-hari, khan kasian konsumen dapet motor yg udah kepanasan dan kehujanan berhari-hari…..inget loh ada UU. Perlindungan Konsumen πŸ™‚

  • 13. marketing  |  June 25, 2009 at 2:55 am

    terimakasih atas masukannya Mba Sheila, pihak YMKI sebagai ATPM akan menindaklanjuti hal tersebut.

  • 14. sheila090782  |  June 25, 2009 at 3:58 pm

    @ marketing
    Kalau memang saudara dari Pihak YMKI tolong donk jawabannya kapan motor Yamaha terbaru agar teman teman blogger tidak penasaran. Thanks

  • 15. marketing  |  June 26, 2009 at 2:05 am

    bila tiba waktunya, akan diberitahukan secara resmi kepada teman2, seperti yang Pak Dyon pernah sampaikan di media beberapa waktu lalu, bahwa pihak YMKI sedang mempersiapkan beberapa model terbaru yang akan dikeluarkan, terimakasih atas atensi teman2 untuk menantikan produk baru dari YMKI….

  • 16. Chenko  |  June 26, 2009 at 3:20 am

    Motor barunya
    Facelift v-ixion jadi full fairing kah!!!
    klo di india YZF R15…
    YMKI di tunggu nee motornya..
    tapi gimana ya beli V-ixion aja masih banyak yang indent, apalagi ngeluarin R15 makin kewalahan menghadapi pesanan kayaknya!!!

    semoga teratasi… amin

  • 17. dedi  |  July 3, 2009 at 12:52 am

    mana ulasannya penjualan motornya boss
    mohon dapat diberikan data penjualan motor untuk all atpm and all Type januari s/d juni 09 jika tidak keberatan untuk bahan penyusunan skripsi nih

    semoga ulasan 2 nya dapat menjadikan referensi bagi kita semua

  • 18. sheila090782  |  July 3, 2009 at 3:00 pm

    Tunggu tanggal mainnya mas…. sampai kini saya belum menerima data tersebut dari sumber terpercaya …
    thanks

  • 19. *HM=CHM  |  July 13, 2009 at 8:47 pm

    yang udah pernah lihat dijlanan daerah cikarang yang YZF R125 REPLICA ROSSI, warna biru, full fairing. apa itu ya ?

  • 20. ivenxadytia  |  July 14, 2009 at 8:47 am

    waduh mantap ni blognya success ya

  • 21. En Tay  |  September 11, 2009 at 4:17 am

    makin banyak motor yang mudik!πŸ˜€
    berarti makin dikit mobil (semoga)πŸ˜‰

  • 22. blog ini tidak di update  |  April 27, 2010 at 9:22 am

    kenapa blog ini tidak di update lagi, apakah sheila sudah menjadi ibu rumah tangga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: