RENUNGAN DI PEKAN KESELAMATAN NASIONAL

June 30, 2009 at 3:05 pm 5 comments

Wacana pemerintah untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua, ditanggapi miring oleh sebagian pihak. Tingginya angka kecelakaan sepeda motor kerap kali membuat alat transportasi paling efektif ini dicap sebagai pembunuh nomor satu. Populasi motor yang begitu banyak di negara ini jangan lantas dicap kendaraan roda dua tersebut merupakan pencetak angka kematian terbanyak disamping angka kematian yang diakibatkan oleh rokok. Kenyataannya, banyak hal yang sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan. Di antaranya faktor kondisi jalan raya dan disiplin pengendara itu sendiri.

Kita harus objektif dalam melihat bagaimana kondisi jalan raya yang ada sekarang ini, toh masih banyak kita temui jalan-jalan yang berlubang dan juga terlalu sempit untuk dilalui sekian banyak kendaraan termasuk motor, mobil, angkutan umum. Di sinilah peranan pemerintah dibutuhkan untuk memberikan sarana dan fasilitas jalan yang baik.

Selain itu, faktor pengendara motor itu sendiri, juga kerap kali memicu terjadinya keselakaan di jalan raya. Ayo kita hitung berapa banyak motor yang melawan arah, memotong jalur orang dan sebagainya yang melanggar rambu rambu lalu lintas dijalan.

Faktor-faktor diatas yang dimasa yang akan datang mesti diperhatikan semua pihak, baik pemerintah, produsen sepeda motor, bahkan yang paling penting oleh pengguna motor itu sendiri.

Kalaupun dimasa yang akan datang jumlah sepeda motor terpaksa dibatasi, pemerintah harus mulai dari sekarang mempunyai planning jangka panjang. Dalam hal ini, pemerintah harus menyediakan sarana transportasi publik yang lebih baik. Misalnya dengan menyediakan kendaraan umum yang mampu mengangkut jumlah penumpang yang cukup banyak, nyaman dan aman misalnya dengan pembangunan monorel dikota kota besar.

Yah sekian refleksi dalam pekan keselamatan nasional. Pesan saya dalam berkendaraan ingat keluarga, Biar lambat asal selamat ….

NB: dikarenakan kesibukan dikantor dalam beberapa minggu ini, saya agak jarang menulis. Maklum lagi mau tutup buku semester pertama jadi kerjanya lebih banyak. Thanks ….

Entry filed under: motor. Tags: .

PREDIKSI PENJUALAN SEPEDA MOTOR MENJELANG LEBARAN GAYA PROMOSI MASING MASING ATPM .. YANG BENAR YANG MANA SIH? (1)

5 Comments Add your own

  • 1. fay  |  June 30, 2009 at 5:08 pm

    Setuju…duegh…nah kmrn waktu ke china…..klo di bandingkan jauh bgt…2 hal yg sy coba utarakan…disini jalannya bagus sampe ke daerah2 kecil jalannya bagus…udah mirip kayak jalan tol aj…ini mengurangi kecelakaan dan tertib biker saat menggunakan motor…. 2. Disini para biker jarang yg menggunakan helm…awalnya aneh….walaupun ga setuju tp mungkin wajar lah pakenya pada tertib, pelan2 dan kadang2 ada jalur khusus…ini sy lihat di senzhen, kuichong, dan fujian…so indonesia kapan….????

  • 2. SkywaveR  |  June 30, 2009 at 7:42 pm

    sebenernya motor matic tdk cocok jalan di ìndonesia.
    soalnya…
    diameter roda yg kebanyakan kecil sangat rentan thd lubang.
    (makanya kita pake SW..;-))

  • 3. proud2ride  |  July 1, 2009 at 12:58 am

    Setuju…….make motor pelan2 tuh enak & mengasyikan lho….. inget kata Komeng…”kalo pake motor……..pelan-pelan”, lagian kalo ngebut khan gak bisa diliatin secara detail sama cewek-cewek, pa lg kalo pake motor kereeen……….so ngapain ngebut-ngebut, cuma buat ngejar gap 5-10 menit……….???

  • 4. hadi  |  July 1, 2009 at 7:39 am

    biar lambat asal terlambat…..

  • 5. Andry  |  July 30, 2009 at 6:54 am

    attitude harus lebih berperan ketimbang skill untuk bisa menjadi terhormat di jalan raya, sayang pengendara kita belum sampai di level sana, masuk persimpangan aja ga ada yang mau mengendurkan gas .. ppffff …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: