GAYA PROMOSI MASING MASING ATPM .. YANG BENAR YANG MANA SIH? (1)

July 3, 2009 at 3:31 pm 11 comments

qnqm8xKonon, beberapa penelitian dalam perilaku selama ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen dalam membeli sesuatu dipengaruhi oleh pengalaman. Fakta membuktikan ini …. Masih ingat program promosi Honda pada tahun tahun lalu? Karena stock yang dapat saya katakan tidak terkendali, banyak dealer yang membuang keuntungannya semua demi “mencairkan” cash flow. Akibatnya, konsumen dengan senang hati dapat memiliki motor tanpa uang muka malah kadang berhadiah Handphone lagi. Wah … Enak yah ???

Situasi berubah pada tahun ini, entah karena komandannya baru atau ada hal lain. strategi AHM kelihatan mulai berubah. Mulai tahun ini AHM jarang mengadakan promosi tanpa uang muka bahkan konon katanya dealer dikontrol dalam hal pemberian subsidi. Sebagai gantinya, Konsumen Honda akan mendapatkan hadiah TV LG 21″. Hal radikal ini dilakukan AHM mengingat market share yang cenderung menurun, salah satu sebabnya adalah resale value yang jauh dari harapan konsumen akibat kebijakan penjualan tanpa uang muka (Coba bandingkan harga second Motor Revo dengan Yamaha Vega keluaran 2007 ..). Kalau subsidi gede gedean otomatis pensoalan resale value ini tidak bakalan terselesaikan.

Ternyata pemberian hadiah TV LG 21″ yang diupayakan sebagai stimulus penjualan masih kalah pamor dibandingkan dengan pemberian diskon gede gedean, Buktinya, bandingkan penjualan Honda Revo dan supra Fit tahun lalu dengan penjualan Honda Revo Absolute tahun ini yang berhadiah TV 21″. Belum lagi penjualan Honda Blade yang naik turun alias tidak stabil pada tahun ini padahal berhadiah TV lho, menarik khan ???

Saya sendiri menilai taktik Honda tahun ini lebih baik dan elegant namun perpsesi konsumen susah diubah. Konsumen sudah terlanjur terdidik bahwa beli Honda harus subsidinya besar ….

Lalu, Bagaimana nih ??? Yah mesti sabar … Mulai dari awal untuk merintis semua, mumpung belum terlambat. Butuh waktu untuk mengedukasi konsumen kita, butuh waktu untuk menata kembali image, butuh waktu untuk menata strategi pemasaran …. Atau kalau tidak mau susah ganti aja promosinya, beli TV LG 21″ berhadiah Motor …. Dijamin penjualannya melejit dehhhh

Entry filed under: motor. Tags: .

RENUNGAN DI PEKAN KESELAMATAN NASIONAL AYO GUNAKKAN HAK PILIH KITA

11 Comments Add your own

  • 1. SkywaveR  |  July 3, 2009 at 4:59 pm

    Klo menurut aku, absolut revo kalah ama revo krn modelnya deh. Tampaknya byk yg kurang suka.

  • 2. anton_ks  |  July 3, 2009 at 7:08 pm

    spy dpt LG 21″ dng uangmuka brp tuh mbak?

  • 3. Alon2 Asal Kelakon  |  July 4, 2009 at 1:44 am

    Abs Revo mantap (dibanding ZR),tp Blade lbh mantap lgi. . .
    Duo bebek barunya Honda,gk cuma ganti baju,tp baru gres..
    Tp kapan neh mw kluarin variant sportnya atau gk touringnya keq yg >250cc..
    Xixi.,kompor

  • 4. ragnarok  |  July 4, 2009 at 9:22 pm

    blade ngejar jupi z susah banget 😦

  • 5. ben  |  July 6, 2009 at 12:24 am

    bahas yang lain dong….. bosen kalo cuma ngebandingin honda ama yamaha…. atau enggak punya data ?

  • 6. Shogun_1997  |  July 7, 2009 at 1:45 am

    ^
    Kalo mau yang lain, gak usah mampir di mari…
    Judulnya saja dunia otomotif yang mengkhususkan di roda dua sesuai background profesi pemilik blog.
    Suzuki & Kawasaki juga sudah disinggung. Kalo Honda & Yamaha wajar dapat porsi besar. Produknya paling banyak terjual, promosinya paling banyak. Menarik untuk dibahas dan dijadikan pelajaran.

    Mbak Sheila, data penjualan bulan Juni udah dirilis ama AISI nggak?
    Gimana dengan kabar produk-produk baru di semester kedua ini? Udah ada kabar yang pasti?
    Thx

  • 7. hadi  |  July 7, 2009 at 9:06 am

    menarik memang….sebagian berfikir kalo dapat TV trus motor disita…minimal TV ga ikut disita….
    tapi tetep banyak komsumen yang sadar, bahwa sesungguhnya TV tersebut bukanlah bonus tapi harga cicilan yg harus dibayar lebih mahal ketimbang tanpa embel2 hadiah TV.

  • 8. sheila090782  |  July 8, 2009 at 1:29 am

    @ Hadi
    Makanya konsumen lebih memilih subsidi ketimbang TV. Lha, uang subsidi mereka yang dibelikan TV. Kecuali kalau beli TV dapat motor itu namanya hadiah

  • 9. atlet  |  July 8, 2009 at 9:04 am

    Iya ya, jadi keinget pas dulu ayah beli honda grand, dapet hadiah mini compo xixixi. Tapi bermanfaat lo hadiahnya ( bukan hadiah ya hehehe ) bisa nemenin aku dengerin musik waktu masti sma dulu🙂
    Sekarang emang gak kedengeran lagi program kayak gitu.

    kredit tanpa uang muka kok bisa pengaruhi resale value ya? jelasin dong mbak gimana rumusnya hehehe…

  • 10. sheila090782  |  July 8, 2009 at 12:42 pm

    @ Atlet
    Diberbagai kesempatan sebenarnya sudah saya jelaskan namun tidak apa apa saya jelaskan kembali. Logikanya kalau beli sesuatu tanpa mengeluarkan uang dan dibulan berikutnya disuruh bayar, gimana yah ?? Nah disinilah dapat kita lihat mindset masyarakat kita. Banyak diantara mereka yang semestinya belum saatnya dapat membeli namun memaksakan diri untuk membeli. Lha wong kalau tidak sanggup bayar motornya ditarik aja, gitu aja kok repot mikirnya.

    Yang punya mindset seperti diatas ternyata banyak. Akhirnya, lembaga pembiayaan yang harus menanggung segala resikonya. Terjadilah penarikan yang besa besaran pada motor yang dijual tanpa DP tersebut. Logikanya, motor yang ditarik tidak mungkin disimpah terus dalam gudang (lha wong tidak mungkin beranak cucu). Alternatifnya motor tersebut akan dijual kepasar dengan harga dibawah harga pasar agar dapat terserap oleh pasar. Yang parah lagi adalah kebanyakan motor ditarik tersebut komponennya sudah tidak lengkap lagi sehingga harganya semakin murah. Ini semua yang membentuk merk “…..” harga resale valuenya sangat rendah.

    Disamping itu, kalau harga beli motor baru dan motor bekas sangat dekat, orang lebih memilih beli motor baru. Mau tidak mau harga jual motor bekas harus serendah mungkin agar konsumen mau membeli motor bekas tersebut. Beda kalau mau beli motor baru aja DPnya harus maksimal sekian dan barangnya sulit, mau dijual berapapun motor bekasnya pasti ada yang mau membeli.

    demikian penjelasan saya semoga dapat bermanfaat. terima kasih

  • 11. nick 69  |  July 10, 2009 at 11:22 am

    Memang nih,
    Harga jual honda jeblok blok..
    Karisma kkak gw akhir 2004 hrga 14jetian skrg dijual cm 6jt.
    Bahkan ada yg nwar cm 5,5jt

    Jupiter z gw pertengahan 2005 harga 12,8jt skarang dijual masih laku 8,5jt..
    Bhkan ada yg berani 8,8jt.
    Warna hitam putih..
    Gw brani swear!

    Kakak gw mpe berjanji gak mo beli honda lg..
    Gw cm tertawa aja wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: