AYO GUNAKKAN HAK PILIH KITA

July 6, 2009 at 3:21 pm Leave a comment

Logo-KPU-DalamSaya adalah orang yang paling bersyukur dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan bahwa KTP atau paspor bisa digunakan warga negara Indonesia sebagai alat bukti untuk mencontreng dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009. Maklumlah, saya adalah seorang yang tidak dapat menggunakan hak pilih saya pada saat Pemilihan legislatif yang lalu karena amburadulnya DPT.

Menurut MK, warga negara Indonesia yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) bisa menunjukkan KTP atau paspor bagi warga Indonesia di luar negeri yang masih berlaku untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2009.

Berikut syarat-syarat lebih detil penggunaan KTP atau paspor yang tertuang dalam keputusan MK itu:
1. Warga negara Indonesia bisa menunjukkan KTP atau paspor yang masih berlaku bagi warga Indonesia di luar negeri
2. KTP harus dilengkapi kartu keluarga dan identitas sejenisnya
3. Penggunaan hak pilih KTP hanya bisa digunakan di TPS yang berada di RT/RW atau nama sejenisnya sesuai alamat yang tertera di KTP
4. Warga Indonesia yang disebutkan di angka 3, sebelum menggunakan hak pilih, terlebih dulu harus mendaftarkan diri pada KPPS setempat
5. Warga Indonesia yang menggunakan paspor atau KTP, harus mencontreng paling cepat 1 jam sebelum pemungutan suara selesai.

Dengan dikeluarkannya keputusan tersebut, suhu politik yang tadi pagi sempat memanas menjadi sejuk kembali. Kesalahan DPT bukan hanya kesalahan KPU sebagai penyelengara Pemilu, namun juga kesalahan pemerintah, DPR, Elit Politik dan warga masyarakat sendiri.

Pemerintah terkesan lambat dalam membantu menangani masalah DPT. Walaupun presiden selaku pimpinan tinggi negara telah berkali kali memberi instruksi kepada jajarannya dalam hal ini gubernur, walikota dan bupati agar dapat membantu KPU dalam hal pemuktahiran DPT namun yang terjadi dilapangan yah gaya orang Indonesia, yakni lambat alias SKS (Sistem kebut semalam).

Yang herannya, Elite Politik seakan-akan diam dengan keadaan tersebut. Ributnya masa dua hari menjelang Pilpres dimana mereka baru sibuk melakukan manuver kesana kesini. Sampai organisasi keagamaan yang seharusnya mengatur kehidupan bangsa agar BerKeTuhanan harus masuk mencampuri urusan Politik dengan dalih hak asasi warga negara. Tidak heran kalau muncul anggapan masyarakat bahwa beberapa Elite Politik sengaja agar Pemilu dapat ditunda dengan asumsi elektabilitas Capres Imcumben akan cenderung menurun dan ini terbukti dari hasil survey beberapa lembaga.

DPR ikut andil dalam pembuatan Undang Undang Pemilu yang super “memusingkan” ini. Banyak Undang Undang Pemilu yang sejak awal disahkan memang menimbulkan pro kontra. Selain itu, yang harus diingat disahkannya Undang Undang Pemilu tersebut sangat mepet dengan waktu pelaksanaan Pemilu.

KPU adalah pihak yang paling “berdosa” dalam hal ini. Kemampuan organisasi dan manajemen KPU harus ditingkatkan dimasa yang akan datang. Saya tidak ingat mengulas satu persatu kesalahan dan “dosa” KPU. Yang warga Indonesia inginkan sekarang adalah bagaimana KPU dalam sisa waktu 2 hari ini dapat menyelenggarakan Pemilu yang Jujur, Adil dan Aman.

Saya teringat pasca pemilu legislatif dimana amburadul DPT juga menjadi sorotan beberapa Parpol. Setelah itu KPU memberi kesempatan bagi setiap warga negara yang belum terdaftar dalam DPT pemilu Legislatif agar segera mendaftarkan dirinya ke RT/RW terdekat agar dapat berpartisipasi menguna hak pilihnya dalam pemilihan presiden ini. Sosialisasinya cukup menonjol dibeberapa media massa, toh banyak juga warga negara yang tidak menghiraukan hal tersebut. Kesimpulannya saya kesadaran Politik warga masih rendah mengingat kinerja elite politik yang tidak memuaskan rakyat. Mereka Bosan akan janji janji Elite Politik …

Namun, Tidak ada salahnya dengan adanya terobosan berani dari MK ini mari kita gunakkan hak pilih kita untuk memilih pemimpin kita lima tahun kedepan. SEMOGA INDONESIA SEMAKIN BAIK DIMASA YANG AKAN DATANG. SUKSES BUAT KITA SEMUA

Entry filed under: motor. Tags: , , , , , .

GAYA PROMOSI MASING MASING ATPM .. YANG BENAR YANG MANA SIH? (1) OH… NASIBMU MELANDRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: