BENTAR LAGI BELI MOTOR BAKALAN DAPAT DUA HELM LHO …

July 7, 2009 at 3:37 pm 14 comments

Departemen Perhubungan (Dephub) sedang mempersiapkan regulasi yang mengatur tentang kewajiban pemenuhan dua helm dalam setiap penjualan sepeda motor oleh para pemegang merek (ATPM). Satu helm untuk pengendara, satu lagi untuk pembonceng. Aturan ini diharapkan dapat mulai dijalankan sebelum masa mudik Lebaran. Tentunya helm yang akan diberikan oleh ATPM harus sesuai standar SNI

Dengan kewajiban para ATPM memberikan 2 helm standar SNI, maka diharapkan bikers makin peduli dengan tingkat keselamatan. Pemberian dua helm bagi setiap pembeli motor baru merupakan sebuah langkah yang baik untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara. Namun perlu diingat, jangan sampai kebijakan yang sedang direncanakan oleh Departemen Perhubungan (Dephub) ini menjadi sia-sia. Saya melihat realitas dilapangan dimana sekarang aja diberi helm satu saja, tidak dipakai. nanti kalau diberi helm dua sekaligus mau diapakan yah ??

Untuk itu, pemerintah telah menerbitkan regulasi baru yang di dalamnya memuat klausul tentang perlindungan dan sanksi terhadap para pengendara sepeda motor yang mengabaikan faktor keselamatan.

Dalam UU No 22 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) disebutkan, pengendara maupun penumpang diwajibkan menggunakan helm SNI dan rompi pemantul cahaya sebagai perlengkapan berkendara. Sanksi berupa pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250.000.

Siapa yang berani melanggar ???

Entry filed under: motor. Tags: , , .

PRESTASI ATPM SEMESTER I 2009 BREAKING NEWS: NEW VARIO KEMUNGKINAN DILUNCURKAN AKHIR BULAN

14 Comments Add your own

  • 1. atlet  |  July 7, 2009 at 5:13 pm

    harusnya ATPM kerjasama dengan produsen helm, atau maindealer aja kali ya. Terserah mau kerjasama dengan siapa misal KYT,INK, MDS, kan helmnya bagus2🙂
    Kalau helm yang dari pabrikan, maaf nih bisa dibilang jelek modelnya, dikasih satu aja gak dipakai apalgi dua mubazir hehehe:)

  • 2. anton_ks  |  July 7, 2009 at 6:21 pm

    iya tuh… helm standar bawaan atpm mmg betul2 ‘standar’

  • 3. Alon2 Asal Kelakon  |  July 7, 2009 at 9:21 pm

    Kalo emang pduli ama bikerz kasihnya ya ARAI aja langsung,.
    Mw slamat jgn stengah2.. (ky Vitacharm aja)
    Xixi🙂

  • 4. adetm  |  July 7, 2009 at 11:25 pm

    helm gratisannya suzuki NR diambil dari helm BMC yg 135rban, paling nggak udah full face deh, lumayan…..

  • 5. sheila090782  |  July 8, 2009 at 1:14 am

    @ ALL COMMENT
    Tentu semua pembeli mengharapkan mendapatkan helm yang lebih bagus dari sekarang. Namun, Yang repot kalau pemberian helm dihitung sebagai sebagai cost bagi ATPM yang berdampak pada kenaikan harga jual sepeda motor itu sendiri. Apalagi kalau peraturan diatas jadi dikeluarkan oleh Department Perhubungan yakni ATPM wajib memberi 2 helm bagi pembeli, biaya mereka akan membengkak. Ujung Ujungnya pemberian helm akan berdampak tidak langsung pada penentuan harga jual sepeda motor. Jadi selama ini jangan anggap helm itu hadiah dari ATPM lho ….

  • 6. rony  |  July 8, 2009 at 3:23 am

    wah bagus tuh klo dapet helm2 untuk setiap beli motor. Apalagi klo yang sudah SNI, sehingga orang awam sekalipun gak susah klo disuruh nurut pake helm SNI, kan sudah ada 7 industri yang sudah bisa produksi helm ber SNI yang tergabbung di AIHI, blum lagi ada sekitar 2-3 industri lainnya di luar AIHI yang bisa produksi helm ber SNI…

  • 7. SkywaveR  |  July 8, 2009 at 4:47 am

    Wah. Harga motor bakal naik nih. Paling2 biaya pengadaan helm ke2 jg dibebankan ke pembeli motor.

  • 8. atlet  |  July 8, 2009 at 8:53 am

    Wah kalau harga motor naik gak asik dong. Mending pabrikan gak usah kasih helm deh…malah bisa turun harga motornya kan😀

    Soal helm dealernya aja yang kasih (jual) helm merek2 nasional (NHK,INK,MDS,KYT dll) dengan harga diskon kepada pembeli motor, pasti pada mau beli helm kalau harganya lebih murah dari pasaran.

  • 9. petromaxx  |  July 8, 2009 at 2:39 pm

    Wah bisa dijual tuh extra helmet nya, ato di sewain heehee
    simpen di kantor kalo2 ada cewe’ yg mo numpang di anterin makan siang ato pulang bareng jg ide bagus, daripada naik ojeg, trus pulangnya helmet buat bekal narik lumayan uang bensin tambahan jadi ojeg dadakan

  • 10. cuxx  |  July 12, 2009 at 3:04 pm

    iya juga tuh, sebenarnya soal yang dinamakan helm standar, yang selama ini ada n belum bener2 “disetandar-kan” yaitu pelindung wajah seperti visor, setau aku selama ini baru honda aja yang mengaplikasikan..terus kualitas helm SNI aku pikir juga kurang banget, aku aja bahkan enggak brani pakenya, ujung2nya beli lagi deh..(full face)..
    ada pengalaman buruk pas pake helm standar, temen gw dagunya ampe ancur gara2 pas kegas, nabrak pager n keseret..coba bener2 full face…

  • 11. Andry  |  July 30, 2009 at 6:14 am

    Pelanggan sih mau-mau aja di berikan, tapi apa akan di gunakan ? Mental pengendara kita masih jauh dari baik … helm sebagai bonus harus dilengkapi flyer tentang keselamatan ..

    *supporting 110 % for road safety and zero accident*

  • 12. uangsuper  |  December 5, 2009 at 10:21 am

    wah,,mantap

  • 13. DUNIA OTOMOTIF « dunia otomotif  |  December 5, 2009 at 12:44 pm

    […] uangsuper on BENTAR LAGI BELI MOTOR BAKALAN DAPAT DUA HELM LHO … […]

  • 14. killua  |  July 13, 2010 at 6:23 am

    Usul bgs tuh,satu merek shoei satu lagi arai,pasti gw pake
    * ngayal m0de on *
    padahal cm bli bebek,ngarepin helm kaya gitu
    wkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: