SALAH MENGANTISIPASI PASAR AKIBATNYA FATAL

July 10, 2009 at 4:48 pm 21 comments

welcomeSeperti yang telah saya bahas sebelum, Yamaha berhasil mengungguli Honda dengan penjualan sebanyak 218.614 unit (45.05%). Honda berada di peringkat kedua dengan volume penjualan 216.876 unit (44,70%), sedangkan Suzuki di posisi ketiga dengan mengantongi angka 42.425 unit (8,74%). Secara total realisasi pasar motor nasional menembus 485.244 unit. Ini berarti data yang terdapat pada tulisan saya sebelum yakni “PRESTASI ATPM SEMESTER I 2009” sudah tidak valid (invalid) namun beberapa ulasan kembali saya akan bahas pada tulisan ini agar blogger dapat membaca secara detail kondisi pasar pada semester I ini.

Untitled-1 Dengan hasil tersebut, Penjualan sepeda motor nasional sepanjang semester I tahun 2009 hanya mencapai 2,542,351 juta unit, atau anjlok 16,79% dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama 2008 yang mencapai 3,055,182 unit.

Sepanjang semester I 2009, Honda masih memimpin pasar sepeda motor nasional bersaing ketat dengan Yamaha. Honda menguasai 45,84% pangsa pasar motor nasional, hanya selisih 0.44% dibandingkan dengan Yamaha yang menguasai pangsa pasar 45,40%. Sementara itu, Suzuki menguasai pangsa pasar 7,79%.

Bila dibandingkan dengan hasil yang dicapai pada semester I tahun lalu, penjualan Honda, Yamaha dan Suzuki mengalami penurunan. Honda mengalami penurunan sebesar 17.11% dibandingkan penjualan periode yang sama tahun lalu. Padahal Honda untuk tahun 2009 ini telah mengeluar dua type terbarunya yakni Absolute Revo dan Blade. Saingan terberat Honda, Yamaha, hanya mengalami penurunan 4.12% dibandingkan penjualan semester pertama tahun lalu.

Untitled-2Suzuki yang penjualan telah mengalami penurunan yang cukup drastis yakni turun 51.12% dibandingkan penjualan semester I 2008 patut untuk diwaspadai mengingat penjualan mereka yang cenderung mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir ini.

Satu satunya ATPM yang mengalami peningkatan tahun ini adalah Kawazaki, yang penjualannya telah meningkat 41% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini tidak terlepas dari suksesnya peluncuran produk terbarunya yaitu KLX 150 dan D-Tracker X 250, baca “KUPAS TUNTAS PRODUK TERBARU KAWAZAKI”

Setelah kita bahas kondisi pasar pada semester pertama 2009, ada baiknya kita membahas faktor kemenangan Yamaha atas Honda dan hal hal apa saja yang harus diwaspadai AHM dalam beberapa bulan kedepan.

Untitled-4 Sekedar Info, Kontribusi penjualan sepeda motor skutik sepanjang semester I 2009 melambung 36,5% terhadap total pasar kendaraan roda dua. Peningkatan pangsa pasar skutik tersebut menggerus ‘kue’ penjualan sepeda motor jenis bebek menjadi 54,6%. Padahal, Pada semester I 2008, segmen motor bebek masih menguasai pangsa 68,3%, sedangkan motor skutik hanya meraih pangsa 23,8%.

Untitled-3

Dibulan Juni 2009, kemenangan Yamaha amat ditentukan oleh pasukan Mio yang berhasil mencatat penjualan sebanyak 100.192 unit atau 46% dari penjualan sepeda motor Yamaha. Dengan hasil ini Yamaha masih mengukuhkan dominasinya di segmen skutik dengan menguasai 56,9% pangsa pasar skutik. Honda dengan pasuka BeAT dan Vario mencatat penjualan sebanyak 57.983 unit (32,9%) dan Suzuki sebanyak 17.832 unit (10,1%).

Penguasaan pasar disegmen skutik inilah menjadi kunci “kemenangan” Yamaha atas Honda belakangan ini. Antisipasi Yamaha atas melonjaknya permintaan skutik telah menjadi kunci keberhasilan mereka dalam merebut tahta Honda dan bukan tidak mungkin diakhir tahun 2009 Honda harus rela menyerahkan singgasana yang telah didudukinya 30 tahun.

YMKI sendiri dalam rangka memaksimalkan line produksinya saat peak season nanti merencanakan akan memproduksi 260.000 unit sepanjang bulan Juli dan Agustus ini dengan 50% produksinya akan didominasi oleh Mio. Maklum Yamaha Mio walaupun telah diproduksi 100.000 unit perbulan namun permintaan pasar masih cukup tinggi bahkan dibeberapa daerah saya pantau masih terjadi indent dan upping price.

Kalau YMKI memproduksi Mio 130.000 unit dalam sebulan, gimana yah caranya AHM mau menandingi?? Lha wong kapasitas produksi skutik AHM hanya berkisar 60.000 – 70.000 unit perbulan. Ini terjadi karena kelambanan AHM dalam mengantisipasi trend pasar. Diberbagai kesempatan manajemen AHM mengakui kapasitas produksi mereka untuk skutik telah mentok dan baru dapat ditingkatkan pada quarter keempat tahun ini. Kalau benar ini terjadi AHM akan mengalami kekalahan 60.000 unit disegmen skutik selama bulan Juli dan Agustus.

Kekalahan 60.000 unit disegmen skutik apakah dapat dibalas AHM disegmen Low Price yang mengandalkan Absolute Revo?? Selama beberapa bulan ini, saya melihat Vega ZR yang oleh banyak blogger dianggap tidak akan mampu melawan Revo ternyata mempunyai prestasi yang lumayah. Kalaupun AHM memaksa diri disegmen ini dengan program yang kadang diluar logika bisnis, palingan Yamaha hanya akan mengalami kekalahan 20.000 unit disegmen ini mengingat iklan Vega ZR yang luar biasa banyaknya dan program promosi Vega ZR rutin dijalankan oleh dealer Yamaha.

Disegmen bebek premium, Supra X diatas kertas mampu mengalahkan Jupiter MX dengan mudah. Namun Honda Blade akan keok bila berhadapan dengan Jupiter Z. Jadi secara total kedudukan akan berimbang bahkan Yamaha kemungkinan masih unggul sedikit mengingat Brand Image Jupiter Z yang cukup kuat dapat menunjang penjualan Yamaha disaat peak season.

Disegmen Sport, Vixion dan Scorpio telah mengambil alih posisi tiger dan mega pro sebagai penguasa pasar motor sport.

Dari ulasan saya diatas wajar kalau saya memberi “warning” kepada pihak AHM. Kesalahan dalam antisipasi pasar harus diakui dan harus cerdas dalam menyikapinya. Jangan sampai hanya mengejar kepentingan jangka pendek makin menyebabkan kehancuran dikemudian hari.

Entry filed under: motor. Tags: .

PEMENANGNYA ADALAH YAMAHA GENIT TIDAK MEMANDANG JABATAN LHO …

21 Comments Add your own

  • 1. arie slight  |  July 10, 2009 at 5:24 pm

    mio paling laku keras gara2 paling banyak peranti bore upnya kayanya..
    btw, AHM mau bertahta 2 tahun lagi.. biar pas 32 tahun hihi…

  • 2. kuburan  |  July 10, 2009 at 6:30 pm

    Ooh gitu ya mba, so dgn adanya telor dr AHM blm tentu meningkatkn market share….salah antisipasi pasar itu dr atpm… sbenarnyaa dr sisi konsumen sendiri bgmn?

  • 3. Bawor  |  July 11, 2009 at 12:37 am

    Mio udah nancep…cep dihati konsumen.
    Lagh…matic apapun dibilang mio…
    Mio beat
    Mio spin
    Mio varia

    Ho…ho…ho…
    Yamaha sangat diuntungkan dgn image itu.

  • 4. Nick 69  |  July 11, 2009 at 2:24 am

    iam mio..
    What about you..

    laki2 jangan mau ketinggalaan..
    kekekekekek

  • 5. Lost Angels  |  July 11, 2009 at 3:21 am

    Mio kok semakin laris y? padahal mulai tahun 2003 + facelift tahun 2008. Pasarnya gak jenuh2 tuh
    Eh Mbak sheila, kenapa ya VegaR produksinya sedikit? padahal masih byk permintaan. VegaZR malahan yg digenjot abis2an
    Kalo sampe tahun 2009 Yamaha pemenangnya, sejarah otomotif dunia tercipta nih.
    Salut buat Yamaha (Semakin Di Depan)!!!

  • 6. Bawor  |  July 11, 2009 at 7:00 am

    Di tunggu juga laporan lengkapnya tentang atpm yg pake jurus mabuk dalam jualan dagangannya.
    Apakah NPL juga ikut mabuk…
    Karena menurut saya bagaikan nyekokin anak yg sudah kenyang bahkan udah gak napsu makan.
    Andai saja udah dimulut kalo perut gak mampu,toh akhirnya dilepehin juga.

  • 7. Eko Prabowo  |  July 11, 2009 at 11:41 am

    Eh hebat juga mbak Sheila analisanya… >> “YMKI sendiri dalam rangka memaksimalkan line produksinya saat peak season nanti merencanakan akan memproduksi 260.000 unit sepanjang bulan Juli dan Agustus ini dengan 50% produksinya akan didominasi oleh Mio”. koq mbak menebak rencana produksi 260ribu dari mana asalnya mbak ?

  • 8. sheila090782  |  July 11, 2009 at 12:13 pm

    @Eko
    Dalam berbagai kesempatan dengan pihak lembaga pembiayaan dan dibeberapa media massa hal ini sering diungkapkan. Jadi saya rasanya rencana ini telah menjadi rahasia umum. terealisasi atau tidak tergantung dari permintaan pasar. seperti yang kita ketahui YMKI sangat konservatif dalam pengaturan stok barang artinya mereka tidak mau kalau barang mereka kelihatan menumpuk di dealer.

  • 9. Icaq's  |  July 12, 2009 at 4:59 am

    Aq kaget wkt liat daftar harga Honda. Disitu tertera harga Mega Pro SW Rp 19.300.000 & CW Rp 20.600.000. Ini naik harga apa ganti harga? Tanya kenapa? Vixion aja cm Rp 19.700.000. Lebih mahal 900.000, konsumen bisa kabur tuh. Dibeli kreditpun akan sangat brasa bedanya.

  • 10. kampret  |  July 12, 2009 at 9:04 pm

    bukan bisa, tapi sudah kabur

  • 11. gadjah  |  July 13, 2009 at 4:27 am

    bukan hanya kabur.

    kabur harusnya.

    btw saia lihat megapro yang sekarang kok ada penurunan accesories ya dibandingkan yang versi lama. yang jelas terlihat adalah : tidak adanya Engine Cut pada megapro kali ini. sedangkan yang lama masih ada.

    dengan pengurangan acceories ini sebenarnya ga masalah, asal harga juga ikut turun, tapi kok malah tambah mahal sekarang.

    capek-de ma AHM

  • 12. *HM=CHM  |  July 13, 2009 at 8:54 pm

    “Dari ulasan saya diatas wajar kalau saya memberi “warning” kepada pihak AHM. Kesalahan dalam antisipasi pasar harus diakui dan harus cerdas dalam menyikapinya. Jangan sampai hanya mengejar kepentingan jangka pendek makin menyebabkan kehancuran dikemudian hari.”

    Gpp si hancur. lagian ga ada ruginya buat konsumen kan mbak ?

  • 13. dedi  |  July 14, 2009 at 1:15 am

    go YMKI dan untuk mbak sheila thank untuk analisanya
    semoga diberikan kesehatan selalu agar dapat memberi ulasan dan analisa yang lebih tajam

  • 14. dedi  |  July 15, 2009 at 10:32 am

    selamat sore, kalau bisa untk bahan analisa diberikan data penjualan per type motor yang lebiih detail thx before

  • 15. free your soul  |  July 24, 2009 at 12:24 pm

    Sebentar lagi bebek Honda juga akan diinvasi (diacak-acak) oleh Yamaha, dengan menghadirkan motor sport cc kecil, yang harganya 12-11 sama bebek. Buat menggoda para penyemplak bebek supaya pindah nyemplak kebo (eh Yamaha Byson). Kalau sudah begini, selisih 20.000 kayaknya mudah ditutup. Yamaha sadar, bebeknya nggak ku ku ngelawan bebek Honda. Jadi pake jurus cerdas. “Loe goyang si Meong gue, gua acak-acak bebek loe!”

  • 16. V. Rossi  |  August 12, 2009 at 9:13 pm

    Waahh… SALUT euy buat YAMAHA yg bisa jadi Market Leader, kerja keras benarbenar rupanya.
    Kalau boleh saya diinformasikan dong, tentang Mio v.s. Beat , tapi versi pemakainya. Dilihat dari power, handlingnya, stabilitas, comfortnya, (maaf tidak termasuk soal irit).
    Terima kasih yaaa….

  • 17. yahonsuwakanja  |  August 13, 2009 at 5:34 am

    @V.Rossi
    dab….
    nih datanya

    # Yamaha MIO

    Harga OTR (Jkt) Rp. 11,685 jt
    Jaringan dealer Sekitar 2.700
    Pilihan warna 5
    Garansi mesin 3 thn
    Dimensi

    Panjang X lebar X tinggi 1.820 X 675 X 1.050
    Jarak sumbu roda 1.240 mm
    Jarak terendah ke tanah 130 mm
    Berat kosong 87 kg
    Kapasitas tangki BBM 3,7 liter
    Kapasitas oli mesin 0,9
    Rangka

    Suspensi depan Teleskopik
    Suspensi belakang Lengan ayun, sokbreker
    tunggal
    Ukuran ban depan 70/90 – 14M/C34P
    Ukuran ban belakang 80/90 – 14M/C40P
    Mesin

    Tipe SOHC 4 tak
    Sistem pendingin Udara
    Diameter X langkah 50 x 57,9
    Kapasitas Silinder
    (cc) 113,7
    Perbandingan kompresi 8,8:1
    Daya maksimum (PS/rpm) 8,9/8.000
    Torsi maksimum (Nm/rpm) 7,84/6.500
    Karburator Keihin NCV24
    Fitur

    Bagasi bawah jok Ada
    Bagasi depan Tidak
    Aksesoris genuine Ada
    Kunci magnet Tidak
    Rem tangan Tidak
    Side stand switch Tidak
    Aki MF (Maintenance
    Free) Tidak

    # Honda BEAT

    Harga OTR (Jkt) Rp. 12jt
    Jaringan dealer Sekitar 3.800
    Pilihan warna 6
    Garansi mesin 3 thn
    Dimensi

    Panjang X lebar X tinggi 1.859 X 676 X 1.053
    Jarak sumbu roda 1.240 mm
    Jarak terendah ke tanah 156 mm
    Berat kosong 89,3 kg
    Kapasitas tangki BBM 3,5 liter
    Kapasitas oli mesin 0,7
    Rangka

    Suspensi depan Teleskopik
    Suspensi belakang Lengan ayun, sokbreker
    tunggal
    Ukuran ban depan 80/90 – 14M/40P
    Ukuran ban belakang 90/90 – 14M/40P
    Mesin

    Tipe SOHC 4 tak
    Sistem pendingin Udara
    Diameter X langkah 50 x 55
    Kapasitas Silinder
    (cc) 108
    Perbandingan kompresi 9,2:1
    Daya maksimum (PS/rpm) 8,22/8.000
    Torsi maksimum (Nm/rpm) 8,33/6.500
    Karburator Keihin VK22
    Fitur

    Bagasi bawah jok Ada
    Bagasi depan Ada
    Aksesoris genuine Tidak
    Kunci magnet Ada
    Rem tangan Ada
    Side stand switch Ada
    Aki MF (Maintenance
    Free) Ada

    peace

  • 18. SEJARAH BARU, YAMAHA (SEMENTARA) NO.1 « DUNIA OTOMOTIF  |  August 14, 2009 at 1:31 pm

    […] Yamaha ini sudah saya prediksi dari awal bulan Juni. Kalau tidak percaya baca ulasan saya SALAH MENGANTISIPASI PASAR AKIBATNYA FATAL dan I’M BACK …. Apa yang saya tulis dalam kedua tulisan tersebut mendekati fakta yang terjadi, […]

  • 19. Scorpio z  |  September 5, 2009 at 10:19 pm

    YMKI mau ambil psr sport? Cuma satu caranya : kluarin tuh FAZER 250, pasti deh smua ngiler! Ak tunggu launchingnya.

  • 20. DUNIA OTOMOTIF « dunia otomotif  |  December 5, 2009 at 12:43 pm

    […] pada bulan Agustus (angka ini persis khan yang pernah saya tulis dan prediksi dibulan Juni, lihat SALAH MENGANTISIPASI PASAR AKIBATNYA FATAL […]

  • […] pada bulan Agustus (angka ini persis khan yang pernah saya tulis dan prediksi dibulan Juni, lihat SALAH MENGANTISIPASI PASAR AKIBATNYA FATAL […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: