SEJARAH BARU, YAMAHA (SEMENTARA) NO.1

August 14, 2009 at 1:21 pm 47 comments

RossiData yang ditunggu tunggu akhirnya diliris juga. Setelah sempat terlambat dari jadwal yang semestinya, akhirnya Data AISI petang ini diliris. Akhirnya saling tuding berakhir (Baca:SIAPA MENIPU SIAPA ?? dan I’M BACK …) dan rasa penasaran masyarakat Indonesia dapat terjawab dengan data tersebut.

Pada bulan Juli 2009 Yamaha kembali mengalahkan penjualan Honda. Yamaha di bulan Juli 2009 berhasil menjual 253.683 unit mengalahkan saingan terberatnya, Honda yang hanya berhasil menjual sebanyak 241.028 unit. Hasil ini tentu sangat mengembirakan bagi YMKI karena baru pertama kali ini mereka dapat menang dua bulan berturut turut apalagi dengan selisih angka penjualan yang cukup telak.

Dengan hasil dibulan Juli 2009 ini, Yamaha untuk sementara menjadi “Raja baru” di industri sepeda motor nasional dengan total penjualan sebanyak 1.407.924 unit hanya selisih 1.442 dibandingkan Honda yang membukukan penjualan 1.406.482 unit selama tahun 2009 ini. Hal ini baru pertama kali lho… dalam sejarah 35 tahun Yamaha besar bersama masyarakat Indonesia.

Untitled-1
Prestasi Yamaha ini sudah saya prediksi dari awal bulan Juni. Kalau tidak percaya baca ulasan saya SALAH MENGANTISIPASI PASAR AKIBATNYA FATAL dan I’M BACK …. Apa yang saya tulis dalam kedua tulisan tersebut mendekati fakta yang terjadi, untuk itulah boleh donk tepuk tangannya hehe …..

Pada waktu saya menulis topik I’M Back semestinya salah seorang pihak manajemen Yamaha telah membocorkan angka penjualan Yamaha. Katanya sih sales to user (STU) atau penjualan dari dealer ke konsumen kalau diakumulasi sepanjang bulan Juli 2009 mencapai 266.000 unit. Kok bisa selisih dengan data AISI? Ya bisa aja dok, makanya penyakit lama Yamaha bakalan kambuh nih. Beberapa merek harus diinden karena kekurangan pasokan. Dengan kata lain saat ini lebih banyak permintaan Yamaha daripada supply. Padahal kata empunya kabar, Pabrik telah dioptimalkan dan produksi berlangsung 24 jam tanpa berhenti.

Saya harus mengakhiri tulisan ini karena ada kewajiban lain yang harus saya kerjakan dulu. Bahasan detailnya akan saya bahas ditulisan yang mendatang.

YAMAHA SEMAKIN DIDEPAN ……….

Entry filed under: motor. Tags: , , , .

STONER ABSEN, KEUNTUNGAN UNTUK VALENTINO ROSSI SCTV AWARD : IKLAN NGETOP ADALAH YAMAHA JUPITER MX

47 Comments Add your own

  • 1. nick69  |  August 14, 2009 at 1:50 pm

    Haduu yamaha smakin didepan beneran nih
    Pesta pesta pesta😀

  • 2. jomblo ati  |  August 14, 2009 at 1:56 pm

    congrats (sementara) buat team yamaha.
    dari mulai tukang sapu sampe ujung tombak marketing.
    kalo gak gini, gak seru.😀

  • 3. rony  |  August 14, 2009 at 2:25 pm

    wah SELAMAT buat YMKI
    KALIAN MEMANG TOP (asal jangan noordin m top)

  • 4. christo  |  August 14, 2009 at 2:37 pm

    selamat tuk yamaha……..yamaha mang mantab

  • 5. SkyrideR  |  August 14, 2009 at 3:19 pm

    Bulan ini gue bakal ambil mio nih.
    alamat bakal memimpin lg yamaha bulan depan. 😉

  • 6. arie slight  |  August 14, 2009 at 3:22 pm

    Yamaha dapet pahala sponsorin doni tata horeeeeee

  • 7. fraziel  |  August 14, 2009 at 3:35 pm

    Yey, pestaaaaa… Pestaaaaa..
    Bhuahahahaha..😀

    Asal jangan terlena sadja, mempertahankan lebih sulit daripada meraih sesuatu loh

  • 8. nunoe  |  August 14, 2009 at 4:08 pm

    Ngikut tepuk tangan aja deh..hehe..

  • 9. jomblo ati  |  August 14, 2009 at 4:45 pm

    @sesat
    bhuahahaha….
    ono-ono wae akang…

  • 10. caspro  |  August 14, 2009 at 5:57 pm

    aku tunggu FZ-16 nya..dah gak sabar nich..

  • 11. MR  |  August 14, 2009 at 6:26 pm

    mantab gan

  • 12. kuro22id  |  August 14, 2009 at 6:44 pm

    AHM kalo mau menang keluarin motor sport nya, masa mau menang keluarin skutik, ya bakal ditinggal ama rossi dgn motor sport nya.

  • 13. xxl123  |  August 14, 2009 at 9:44 pm

    MABRUKKKK buat YMKI…jangan lupa yah mongtor sport barunya cepat di launcing..!

  • 14. dacs  |  August 14, 2009 at 10:28 pm

    selamat buat yamaha !!!..gw request yzfr125 aza deh..jgan lupa ya ymki….!!!!

  • 15. Icaq's  |  August 14, 2009 at 11:20 pm

    Trakhir Yamaha kluarin produk br , 2th yg lalu yaitu Vixion & Soul. Yg gres Vixion. Bandingkan dgn AHM yg sjk 2008 jor2an dg produk baru (CS1, Beat, Blade, Revo, &Vario CBS). Tp knapa jualannya gak jor2an jg? Tanya knapa? Apa ini yg dimaksud mbak Sheila “SALAH ANTISIPASI PASAR?”. Padahal itu kan harusnya produk2 yg banyak konsumennya dibanding sport.

  • 16. dedi  |  August 15, 2009 at 1:23 am

    selamat ,selamat atas kemenagan yamaha

    dan ulasan mbak sheila semoga data yang disampaikan tidak direvisi lagi seperti bulan juni 09

    sekali lagi selamat

  • 17. Sum  |  August 15, 2009 at 3:09 am

    Salam kenal
    Sdh lama jd pemantau indomotoblog bru kli niy niat comment. Intinya patut disyukuri klo AHM tergusur shngg mdh2an stlh jd oposisi dan mnjd the hunter AHM mau bebenah dg mrbh strategi. Sy prcaya Honda msh mnjd pabrikan besar di dunia dg seabrek motor berkualiats yg merajai pasar dunia. Smg dg kekalahan di indonesia, pihak honda jepang mau trn tangan jng smpe astra yg lbh dominan di indonesia.
    1. Jadikan Indosesia sbg pst riset mtr honda di asia tenggara
    2. Pricing strategy yg lbh smart (jngn selalu over price dibndng dg kompetitor)
    3. Support penuh dunia balap motor di indonesia
    4. Iklan yg lbh agresif dan tpt sasaran
    5. Masukin motor2 baru dg spek diatas rata2 dg pricing yg tepat, bisa mtr hsl riset sndi di indonesia atau mskn dr basis2 mtr yg sdh ada.
    6. Mtr2 yg krng laku (cs1, blade) diriset ulang misal sekalian aja blade keluarkn sbgai mtr bebek super cc naek ke 135 ato 150. Biarkan absolute revo sbgai bebek entry level, atau bila perlu hidupin lagi revo 100 dg harga fitX lama.
    Semoga dg demikian honda bs berjaya kmbali di indonesia dg produk2 yg lbh berkualitas.
    Untuk yamaha: mmperthnkn akan lbh slt drpd merebut…

    Salam,
    Honda, yamaha & suzuki users

  • 18. adesum  |  August 15, 2009 at 3:16 am

    Salam kenal
    Sdh lama jd pemantau indomotoblog bru kli niy niat comment. Intinya patut disyukuri klo AHM tergusur shngg mdh2an stlh jd oposisi dan mnjd the hunter AHM mau bebenah dg mrbh strategi. Sy prcaya Honda msh mnjd pabrikan besar di dunia dg seabrek motor berkualiats yg merajai pasar dunia. Smg dg kekalahan di indonesia, pihak honda jepang mau trn tangan jng smpe astra yg lbh dominan di indonesia.
    1. Jadikan Indosesia sbg pst riset mtr honda di asia tenggara
    2. Pricing strategy yg lbh smart (jngn selalu over price dibndng dg kompetitor)
    3. Support penuh dunia balap motor di indonesia
    4. Iklan yg lbh agresif dan tpt sasaran
    5. Masukin motor2 baru dg spek diatas rata2 dg pricing yg tepat, bisa mtr hsl riset sndi di indonesia atau mskn dr basis2 mtr yg sdh ada.
    6. Mtr2 yg krng laku (cs1, blade) diriset ulang misal sekalian aja blade keluarkn sbgai mtr bebek super cc naek ke 135 ato 150. Biarkan absolute revo sbgai bebek entry level, atau bila perlu hidupin lagi revo 100 dg harga fitX lama.
    Semoga dg demikian honda bs berjaya kmbali di indonesia dg produk2 yg lbh berkualitas.
    Untuk yamaha: mmperthnkn akan lbh slt drpd merebut…

    Salam,
    Honda, yamaha & suzuki users

  • 19. Maskarebet  |  August 15, 2009 at 3:26 am

    Sepertinya anda salah mengartikan sales to user. data yg disampaikan ke AISI itu adalah data wholesales, yakni jumlah unit dari pabrik ke distributor. kalo sales to user dari distributor ke user. kenapa bisa lebih besar, dikarenakan masih adanya stock di distributor yg bersangkutan.

  • 20. Elektra  |  August 15, 2009 at 9:22 am

    Selamat selamat selamat

  • 21. sheila090782  |  August 15, 2009 at 9:48 am

    @MASKAREBET
    Makanya saya katakan saat ini permintaan lebih besar dari kemampuan produksi. Jadi untuk saat ini kalau mau beli Yamaha harus antri dulu alias inden khususnya Mio

  • 22. Nick 96  |  August 15, 2009 at 10:46 am

    @21 sheila
    maksudnya gmn mbak? apakah sudah dihitung orang
    yang inden tanpa menerima barang, meski sdh DP?
    kok agak gak ngerti maksudnya, takut salah tafsir saya..

  • 23. damino  |  August 15, 2009 at 10:56 am

    jiah..jangan sampe jepang yang ngambil alih ASTRA HONDA,,ntr yang kerja malah orang jepang,,orang indonesia jadi jongos doank,,inget investasi di indonesi orang luar bisa mempunya lebih dari 50% saham,,klo sampe ini terjadi ,,wuih..penjajahan lagi namanya,,biarin HONDA kalah gara2 ASTRA,yang penting orang pribumi masih bisa menyambung hidup…BRAVo ASTRA

  • 24. sheila090782  |  August 15, 2009 at 2:14 pm

    @ Damino
    Pengin tahu kalau Jepang versus Jepang gimana yah …. Bakalan seru nih persaingan bisnis sepeda motor
    Namun wacana yang disampaikan Mas Damino saya pernah dimana kalau Honda kalah melulu, saham Astra akan diambil alih dengan Honda Jepang, Benarkah …. Namun rumor ini santer dibicarakan

  • 25. sheila090782  |  August 15, 2009 at 2:18 pm

    @ 22
    Data yang 266K murni penjualan dari dealer kepada Konsumen tanpa memperhitungkan konsumen yang masih inden.
    Karena Penjualan lebih besar daripada produksi, makanya sekarang stok Yamaha didealer menjadi sedikit. Contoh : Kalau stok diawal bulan Yamaha 20.000 unit, produksi 253.000 unit, penjualan 266.000 unit jadi stok Yamaha diakhir bulan tinggal 7.000 unit. Inden dehhh

    Mudah mudahan dapat dimengerti. Terima Kasih

  • 26. Alon2 Asal Kelakon  |  August 15, 2009 at 3:06 pm

    Jadinya Yamaha M. Top dong..
    Yamaha Makin Top..
    Hehe.,

  • 27. Alon2 Asal Kelakon  |  August 15, 2009 at 3:19 pm

    @ sum & adesum..
    Kaka ade ye.?

    @sum..
    Blade jgn dimatiin,walaupun Blade n Abs Revo mirip2,tapi mreka tu beda kelas..serupa tp tak sama..
    Blade n Revo punya sasaran masing2., Blade vs Jup Z., Abs Revo vs Vega ZR., dan HSX vs MX.,Apalagi kalo mw ngidupin revo 100 kayaknya bkal sulit deh bwt AHM..Nti gmn mindset org2 thd AHM.,masa barang uda discontinue mw dibrojolin lg..hehe..
    Maap ya.,aye jd sok tau..hehe

  • 28. free your soul  |  August 16, 2009 at 3:12 am

    AHM kalau keluarin motor bukan untuk jualan sehhh. Cuma buat gagah-gagahan aja. Pasang teknologi ini-itu, desain yang aneh2. Tapi belum tentu konsumen suka. Belum lagi imbasnya ke harga jadi mahal. Lihat CS1, Blade, Tiggi Revo… dan terakhir Vario Techno. Semuanya “Rame ing launching, sepi ing selling.”. Masak udah puluhan taon jualan motor gak tau karakter konsumen Indonesia yang kepinginnya yang simpel n praktis-praktis aja dan tentu saja harga yang terjangkau. Saya prediksi ampe akhir taon, AHM bakal sulit ngejar YMH. Tambahan peluru dah habis di segmen matic n bebek!

  • 29. Stephen Langitan  |  August 16, 2009 at 11:36 am

    Kenapa harus menunggu 35 tahun?

    Inilah cerita yang unik, masih ingat nama Hendra Rahardja? Bekas bos Kentjana atau pemilik Bank Harapan Santosa yg dulu dikenal sebagai pemilik pabrik Yamaha saat itu, yang tersandung kasus korupsi dan kini masih kabur. Pemilikan pemegang saham akhirnya diambil oleh Yamaha Japan. Nah, mulai dari situ, Yamaha pun bebenah/berusaha keras unjuk gigi mengambil posisi market sebagai motor masyarakat Indonesia. Selamat dan sukses buat Yamaha!

    Makna positifnya, tetap kerja keras, semangat ingin jadi juara, dan jangan males-malesan…

  • 30. babad150f  |  August 16, 2009 at 11:40 am

    Cepetan AHM ! Tabrak aja pake cbr 150 CKD
    ..
    cepetan !! Yamaha keburu kabur duluan lho menuju podium 2009
    ..
    Kalo perlu ”bakar jenggot” mu sendiri
    Hihihi

  • 31. gatot  |  August 16, 2009 at 4:57 pm

    AHM membuat kesalahan baru di produknya honda blade dimana kecepatan maksimum hanya 90km/Jam, dimana casing dari blade mengusung motor kenceng ini menjadi kesalahan terbesar dan sekaligus mencoreng ahm, lambat laun org2 bakal tahu kekeliruan di produk honda blade ini. Sebaiknya ahm merevisi produknya ini sebelum terlambat. kecepatan 90km/jam bener2 memalukan bagi perkembangan motor bebek di indonesia.

  • 32. W4N1_N638UT  |  August 18, 2009 at 6:09 am

    ^
    Masak sih cuman 90 kpj?
    Lha naikin cc pengaruhnya apa dong?
    Masak sama saja dengan c100 series?
    Wajarlah kalo nggak laku…

  • 33. beng2 lg  |  August 18, 2009 at 9:28 am

    wany…
    Saia jg baru dengar skrg klu blade cuma 90kpj……..lambat banget…

  • 34. Nick 96  |  August 18, 2009 at 11:08 am

    @ 31, 32 & 33
    Wah terlambat sekali anda bro…
    Kecepatan itu sudah diketahui khalayak ramai sesaat setelah diluncurkannya. Dengan kepentingan safety, maka pada Blade telah “dipasangi limiter” sehingga nggak akan bisa lebih. Tapi kalo limiter tersebut dilepas…maka bisa mengira2lah anda. Karena Honda (bukan saja AHM) memang lebih ke “arah sana” produk2nya. Mungkin anda bisa buka2 artikel di manapun, sesaat setelah peluncuran Blade 110 tersebut.

  • 35. fraziel  |  August 19, 2009 at 12:03 am

    Loh,, ono klonengane Nick 69😦

    Wah,, tampang keren koq cuma 90kpj
    Masih mending jupiZ ku dong

  • 36. W4N1_N638UT  |  August 19, 2009 at 1:05 am

    @Nick 96,
    “Tapi kalo limiter tersebut dilepas…maka bisa mengira2lah anda. Karena Honda (bukan saja AHM) memang lebih ke “arah sana” produk2nya. ”
    ===============================================
    Gw nggak ngerti Bro, maksudnya ke “arah sana” itu apa?
    Tolong diperjelas….🙂

    @fraziel,
    Yo jelas to…kemana-mana, unggul Jupiter Z lah….😉

  • 37. ans  |  August 19, 2009 at 3:08 pm

    jupie-Z forever…

    congrat to YMKI,
    jgn lengah & jgn menyerah, teruss maju..

  • 38. yahonsuwakanja  |  August 20, 2009 at 2:27 am

    @all…
    sorry out of topic.
    hasil Road race Motoprix seri-3 Jogja
    * 110cc MP-1
    1. Rapid Topan -JupiterZ
    2. Diaz Kumoro-JupiterZ
    3. M Raka-JupiterZ

    * 125cc MP-2
    1. Rey Ratukore-SupraX
    2. Diaz Kumoro-JupiterZ
    3. Rijaludin Sidqi-Shogun

    KAWASAKI bisa mencuri angka dikelas lain 110cc MP3 , juara 3 dan 125cc MP4 , juara 4.
    terlihat Honda & Kawasaki mulai mengancam….semakin seru di seri berikutnya.

    peace

  • 39. beng2 lg  |  August 20, 2009 at 12:18 pm

    @36wany ngebut
    Munkin maksudnya dr potongan kata ”arah sana”dr bro nick 96 yaitu munkin motor bebek honda mengejar gelar irit hingga ga perlu mementingkan top sped yg tinggi,hingga terjadilah blade sibebek irit nan lamban…..😀

    @yahon
    Pengemar motoprix sejati nih……………….PISS JG AGH———😀

  • 40. tom curuz  |  August 20, 2009 at 7:52 pm

    bro AHM jgn di marahin truz… tar kalau ngambek truz ga mw jualan gmn hayo?? Ksian kan para maniak honda pasti geleng2 kelapa eh kepala ( masa depan suram )

  • 41. Scorpio z  |  September 5, 2009 at 10:06 pm

    Slamat buat yamaha, crita dikit ya! dl sy jg peminat motor honda tp lama2 bosen, liat aja dr model motor sport (bebek jg) yg dipake cm modal mesin & chasis sama, kena poles2 dikit (cc) spt motor type dr CB 100, GLPRO, MGPRO dan terkini MGPRO yg trbarupun yah ky gitu trutama frame chasisnya sm. Tigerpun jg brnasib sama, bebek jg, (brgnti chasis sjak supra dilaunching) ak sbg konsumen jg lama2 merasa spt dipermainkan, dl ak pake mgpro hanya ganti striping body aja dah nambah harga , apa bisa dinalar? Technology sama body sama, cm striping body (bntuk dan warna) beda nambah harga! walah gmana produsen honda pada waktu itu, lama2 ak bralih ke yamaha dng fresh style, engine, dan yang bener2 smua baru, maka sy ambilah SCORPIO Z 225 cc, murah, tenaga mesin bener2 mumpuni, dan irit (boros bg sbgian org, tp bg sy msh tblang irit tgantung tata cara pemakaian yg tidak slalu menggeber gas pada awal gigi 1 dan 2 ; trgantung situasi jg😉 yah cukup dr sy smoga pihak honda mau mengambil ksimpulan dr tulisan sy. Yamaha is the best! Yamaha Semakin didepan. Salam buat honda, suzuki, kawasaki, users : Utamakan keselamatan bersama

  • 42. Anjar  |  October 10, 2009 at 8:50 am

    terus kalau keuntungan bersihnya gimana dari penjualan2 tersebut???
    apakah yamaha sudah makmur???
    kapan yamaha akan bermain harga layaknya honda sekarang yang memberikan harga tinggi selangit???
    I’m honda lovers.he

  • 43. derek  |  November 16, 2009 at 8:57 am

    kalau bisa yamaha harus bikin teknologi mesin irit bahan bakar,supaya seperti technologi honda.tapi bisa lari ngacir kata bang mandra.nah kalau udah begitu anda pasti yg terbaik dan tidak ada lagi julukan motor boros kaya sindiran diiklan

  • 44. DUNIA OTOMOTIF « dunia otomotif  |  December 5, 2009 at 12:44 pm

    […] SEJARAH BARU, YAMAHA (SEMENTARA) NO.1 […]

  • 45. gunawan  |  January 18, 2010 at 6:06 am

    yang bikin nama YAMAHA SEMAKIN DIDEPAN tu siapa???
    KAN YANG SYA TAHU,, YAMAHA TU SLOGAN ASLINYA ADALLAH( TOUCHING YOUR HEART).. KNPA BSA DI UBAH GTU???
    APA CUMA DI INDONESIA z SlOGAN YAMAHA SEMAKIN DIDEPAN ITU BERLAKU?????
    yang tahu HARAP ME_rEpLY …!!! OK??

  • 46. wid87  |  August 24, 2010 at 10:15 pm

    sprtiny blade ndak sgtuny,bro,,slama pake limiter gue bsa jalan smpk 100km/jam,,klo mw luar kota,limiter dilepas ma mekanik gue di bengkel,,gila!! Top speed 120km/jam!! Vega zr,new jupie z,titan mudah bgt gue libas jauh,,malah mx n hsx aja bsa gue imbangin,bro..bbm gue itung 1ltr 64km..klo msh pake limiter 1ltr 75km.. Ini pengalaman pribadi,brotherhood.. Honda menurut gue yg plng fleksibel,mudah,update,murah,,is the best!! Yamaha smakin di dpan,,di dpan jurang kehancuran!!

  • 47. Rafflesia  |  November 25, 2010 at 8:51 am

    Wah pembohongan publik berarti si yamaha?
    apa karena gak mau turun tahta yach?
    jangan gitu dunk… orang banyak ditipu semua..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


2009

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Top Clicks

  • None

Pages


%d bloggers like this: